get app
inews
Aa Read Next : Bicara Tentang Pencalonan Bupati Muba, Beni Hernedi Sebut Ada Hal yang Terus Terngiang-ngiang

Solusi Masalah Listrik Muba, Beni Hernedi Upayakan Sinergi PT MEP dan PLN

Selasa, 11 Januari 2022 | 19:39 WIB
header img
Plt Bupati Muba, Beni Hernedi upayakan sinergi PT MEP dan PT PLN demi meningkatkan pelayanan listrik di Muba. (Foto : Humas Pemkab Muba)

SEKAYU, iNews.id - Plt Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi mengupayakan sinergi atau kerjasama  PT Muba Elekrik Power (MEP) dan  PT PLN (Persero), untuk mengatasi masalah listrik dan peningkatan pelayanan listrik masyarakat di Muba.

"Pemkab Muba berupaya  terciptanya keadilan  merata bagi  masyarakat di  Muba khususnya  bidang kelistrikan,  kami ingin pelayanan yang diterima pelanggan PT PLN sama  dengan pelanggan PT MEP. Tidak lagi terjadi listrik  padam pada pelanggan PT MEP namun pelanggan PT PLN  tetap hidup. Kami usulkan  PT MEP bisa masuk atau terintegrasi ke PT PLN," kata Beni  saat menerima audiensi Manajemen PT PLN (Persero) UP3 Palembang dan PT PLN (Persero) UP3 Jambi,  di Ruang Audiensi Bupati Muba, Selasa (11/1/2022).

Beni menjelaskan  perlu dilakukan inovasi dan terobosan terkait listrik yang dikelola PT MEP, yang merupakan BUMD milik Pemkab Muba, agar  masyarakat pelanggan PT MEP  merasakan hal  sama seperti pelanggan PT PLN.

"Pemkab Muba  siap membantu  rencana usulan ini,  alhamdullilah PT MEP sudah semakin membaik dalam menyehatkan manajemen perusahaannya," ucap Beni.

Selain itu, terkait usulan hibah tanah yang menjadi lokasi kantor PLN Cabang Sekayu dan Babat Toman, yang diusulkan PT PLN ke Pemkab Muba,  Beni akan mempelajari  lebih lanjut, apa sesuai aturan  Pemkab dapat menghibahkan ke BUMN.

"Untuk  lampu jalan, perlu dicari inovasi bagaimana  seluruh jalan di Muba tersedia lampu jalan yang terawat. Kalau hanya dibebankan Pemkab Muba saja yang memasang lampu jalan, maka  butuh waktu lama karena terkendala biaya. Kami mengusulkan  PLN untuk mekanisme Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) atau Public Private Partnership (PPP) terkait lampu jalan di Muba," Beni menuturkan.

Sementara itu Manajer PLN UP3 Palembang, Praniko Banu Rendra mengatakan,  tujuan audiensi  ini untuk  silaturahmi dan menawarkan jika ada sesuatu yang bisa disinergikan, atau dikerjasamakan untuk meningkatkan pelayanan listrik PT PLN di  Muba.

"Kami menyambut baik  usulan Pemkab Muba  mengintegrasikan PT MEP ke PT PLN, namun  kaji lebih lanjut dan  diskusikan lagi. Kami  mengapresiasi alhamdullilah PT MEP berangsur membaik, sudah nihil tidak ada piutang dengan PT PLN," ucap dia. 

Menurutnya, persoalan listrik yang terjadi, sebenarnya yang temporer, dan umumnya masalah pohon tumbang dan jarak antar jaringan ke tower yang jauh. "Listrik sebenarnya simple karena teknologinya dari dulu sampai sekarang tetap sama," ia menjelaskan.

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut