get app
inews
Aa Read Next : Kloter 7 Jadi Penutup Gelombang Pertama Jamaah Calon Haji Sumsel

4.309 Calon Jemaah Haji Embarkasi Palembang Telah Bertolak ke Jeddah Arab Saudi

Sabtu, 10 Juni 2023 | 11:08 WIB
header img
Jemaah calon dibantu minum saat pemeriksaan sebelum memasuki Asrama Haji Palembang, Jumat (26/5/2023)

 

PALEMBANG, iNewspalembang.id - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) RI Sumatera Selatan memastikan jika pihaknya telah memberangkatkan hingga saat ini 4.309 calon jemaah haji untuk tahun 2023 ini. 

Ini meliputi, jemaah Sumsel 3.185 jemaah, Babel 1.065 jemaah, serta 59 petugas kloter. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Syafitri Irwan didampingi Kepala Bidang PHU H. Armet Dachil menjelaskan, saat ini sebagian jemaah embarkasi Palembang masih berada di Madinah, yaitu kloter 6, kloter 7, kloter 8, kloter 9, dan kloter 10. Sedangkan kloter 1, 2, 3, 4, dan kloter 11 sudah berada di Mekkah. 

Untuk kloter 5 telah bergerak dari Madinah menuju Mekkah, sedangkan kloter 12 terbang dari Palembang menuju Jeddah.
 
“Alhamdulillah, hingga kloter 12 hari ini, proses pemberangkatan jemaah haji dari Embarkasi Palembang berjalan lancar. Tidak ada kendala berarti yang ditemui. Semoga hal ini berlanjut hingga penerbangan kloter terakhir,” harap Syafitri.
 
Kepada para jemaah, Syafitri kembali berpesan untuk senantiasa menjaga kesehatan dan kekompakan. Apalagi cuaca di Arab Saudi masih sangat panas. Jemaah harus mampu beradaptasi dan banyak mengonsumsi air putih. 

“Fokuslah untuk ibadah. Kurangi aktifitas-aktifitas yang menguras energi. Jangan lupa manfaatkan waktu untuk beristirahat. Persiapkan diri menghadapi puncak haji di Armuzna dari tanggal 8-13 zulhijjah,” pesan Syafitri. 

Terkait tambahan kuota dari Arab Saudi, Syafitri menjelaskan Sumsel mendapatkan tambahan kuota 296. Kemenag Sumsel saat ini masih menunggu penjadwalan untuk kuota tambahan. “Sampai hari ini kuota tambahan untuk Indonesia sebanyak 8.000 dan dibagi untuk nasional. Kita lagi menunggu penjadwalan nasional,” pungkasnya. 

 

Editor : Andhiko Tungga Alam

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut