get app
inews
Aa Read Next : Ampas Kopi Bisa Jadi Sabun Alami, Ini Sejumlah Proses Pelatihannya di Palembang

Mesir Beli Kopi Indonesia Rp5 Miliar Per Bulan

Jum'at, 07 Januari 2022 | 17:47 WIB
header img
KBRI Kairo fasilitasi ekspor Kopi Indonesia ke Mesir. (Foto : Humas KBRI Kairo)

KAIRO, iNews.id - Perusahaan Mesir pada tahun 2022 berencana membeli kopi Indonesia mencapai lebih dari Rp5 miliar per bulan. Saat ini Mesir sudah memesan 40 ton kopi untuk diekspor dan akan berlanjut selama 2022.  

Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Lutfi Rauf  mengungkapkan, perusahaan Mesir Egypt Coffee Export (Moca Coffee) membeli kopi Indonesia dari PT Aka Azhariyah Group. Moca Coffee mengawali trial order sebanyak dua kontainer dengan kapasitas 40 ton.

Setelahnya Moca Coffe akan dilanjutkan repeat order sebanyak 10 kontainer per bulannya selama tahun 2022, dengan demikian potensi transaksi yang dapat dibukukan selama satu tahun dapat mencapai lebih dari USD 5 juta atau diatas Rp.70 miliar, atau jika dibagi 12 bulan dalam satu tahun sekitar Rp5,8 miliar per bulan.

"Permintaan produk kopi di Mesir  cukup tinggi, sehingga perlu upaya dan strategi berkelanjutan untuk mempertahakan posisi Indonesia di pasar kopi Mesir," kata Lutfi, dilansir dari  situs resmi Menlu, Jumat (7/1/2022).     

 Lutfi  menekankan pentingnya  pelaku usaha  menjaga kualitas dan ketersediaan produksi kopi, karena permintaan  kopi Indonesia di Mesir semakin hari semakin meningkat sehingga dibutuhkan perhatian dalam menjaga rantai pasok kopi ke Mesir.

Pemerintah berupaya meningkatkan volume ekspor Indonesia ke Mesir, salah satunya KBRI Kairo menfasilitasi transaksi dagang kopi antara pelaku usaha Indonesia dengan pengusaha Mesir.

Ia mengatakan,   tahun 2022 ini genap 75 tahun terjalinnya hubungan bilateral Indonesia-Mesir sehingga saat ini  momentum  tepat guna mempererat peningkatan hubungan ekonomi perdagangan Indonesia-Mesir.

Sementara itu, perwakilan Marketing Internasional PT Aka Azhariyah Group berterima kasih  dukungan dan fasilitasi KBRI Kairo, dalam mempromosikan dan menegosiasikan produk kopi unggulan Indonesia.

Seperti diketahui, berdasarkan data BPS Januari-November 2021 ekspor kopi Indonesia ke Mesir bernilai USD 109,80 juta, naik 67,40% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar USD 65,59 juta.   

Editor : Agustian Pratama

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut