get app
inews
Aa Read Next : Mesir Beli Kopi Indonesia Rp5 Miliar Per Bulan

Impor Kurma Mesir Naik 53 Persen Selama Pandemi

Selasa, 25 Januari 2022 | 11:17 WIB
header img
Indonesia menjadi salah satu importir terbesar kurma Mesir, bahkan selama masa pandemi Covid-19 terjadi kenaikan impor sebesar 53 persen. (Foto : KBRI Kairo)

SIWA, iNews.id - Indonesia menjadi salah satu importir terbesar kurma Mesir, bahkan selama masa pandemi Covid-19 terjadi kenaikan impor sebesar 53 persen.

Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf menerangkan, total perdagangan Indonesia Mesir di masa pandemi Covid-19 ini mengalami peningkatan, pada periode Januari November 2021 mencapai USD 1,63 miliar atau naik 53,52 persen.

"Bila dibandingkan pada Januari- November 2020. Produk impor utama dari Mesir diantaranya rock phosphate, kurma, molasses, jeruk citrus dan kentang," kata dia, dikutip dari situs Kemenlu, Selasa (25/1/2022).

Ia menjelaskan, Indonesia termasuk dalam tiga besar negara pengimpor kurma terbesar dari Mesir. Berdasarkan data statistik Mesir pada periode Januari - September 2021, ekspor kurma Mesir ke Indonesia mencapai USD 10,34 juta dengan pangsa pasar sebesar 17,89 persen dari total ekspor kurma Mesir ke Dunia.

Lutfi mengatakan, perlunya kerjasama litbang antara para peneliti dan akademisi Indonesia-Mesir dalam melihat manfaat kurma.

Seperti yang dilakukan Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI) bekerjasama dengan lembaga pengelola kurma di Madinah KSA, yang meneliti khasiat Kurma Ajwa dapat menurunkan risiko Hipertensi dalam kehamilan, saat menyusui dan menekan menopause dengan hasil yang sangat baik. 

Ia juga menjelaskan, Indonesia kembali menerima apresiasi bidang perdagangan dengan Mesir yaitu penghargaan sebagai importir terbesar kurma dari Mesir. Penghargaan tersebut diberikan di sela-sela pameran “the 5th Egyptian Date Palm Festival 2022" di Siwa, Mesir pada 23 Januari 2022.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Marsa Matrouh, Mayjen Khaled Shuaib, mengapresiasi kepercayaan para importir terbesar kurma Mesir, khususnya importir dari Indonesia, Maroko dan Malaysia.

"Penghargaan ini sebagai apresiasi Kedutaan Besar Indonesia di Kairo yang mempromosikan kurma Mesir kepada warga Indonesia, dan memberikan bantuan kepada perusahaan-perusahaan asal Mesir untuk melakukan komunikasi bisnis dengan importir di Indonesia," kata Mayjen Khaled. 

Untuk diketahui, telah diselenggarakan festival kurma 2022 dari tanggal 22 hingga 24 Januari 2022 di Mesir, dihadiri lebih 200 produsen kurma baik dari Mesir, Sudan, Libya, Mauritania dan Tunis.  

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut