get app
inews
Aa Read Next : Ampas Kopi Bisa Jadi Sabun Alami, Ini Sejumlah Proses Pelatihannya di Palembang

Konsumsi Kopi Setiap Hari Kurangi Resiko Kematian ?

Rabu, 28 September 2022 | 09:05 WIB
header img
European Journal of Preventive Cardiology menyebut jika mereka yang memiliki aktivitas minum kopi ada pengurangan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan tidak minum kopi sama sekali (FOTO: ILUSTRASI/INEWS.ID

JAKARTA, InewsPalembang.id - Berita bahagia bagi anda penikmat dan penyuka kopi. Sebuah studi menyebutkan jika mereka yang kerap mengonsumsi kopi 2 - 3 cangkir satu hari justru mengurangi resiko kematian. 

Penulis studi dari Baker Heart and Diabetes Research Institute, Melbourne, Australia, dikutip dari News Medical Life Sciences, Profesor Peter Kistler Rabu (28/9/2022) dalam sebuah European Journal of Preventive Cardiology menyebut jika mereka yang memiliki aktivitas minum kopi ada pengurangan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan tidak minum kopi sama sekali, yaitu 14% pada peminum kopi tanpa kafein, 27% pada peminum kopi bubuk, dan 11% pada peminum kopi instan.

Kopi yang diuji dalam penelitian ini meliputi kopi instan, kopi bubuk, dan kopi tanpa kafein. 

"Dalam studi observasional ini, baik kopi instan, bubuk, maupun kopi tanpa kafein dikaitkan dengan penurunan risiko kejadian penyakit kardiovaskular dan kematian akibat penyakit kardiovaskular. Artinya, asupan kopi instan, bubuk, maupun kopi tanpa kafein harus dianggap sebagai bagian dari gaya hidup sehat," ungkap Profesor Peter Kistler, 

Penyakit kardiovaskular yang diamati adalah penyakit jantung koroner, gagal jantung kongestif, serta stroke iskemik. Diketahui ada 449.563 peserta dalam penelitian ini. Mereka semua dinyatakan bebas aritmia atau penyakit kardiovaskular lain. Usia rata-rata mereka adalah 58 tahun, dengan 55,3% di antaranya perempuan. 

Peneliti menanyakan beberapa pertanyaan, seperti berapa cangkir kopi yang mereka minum setiap hari dan kopi jenis apa yang mereka minum, apakah kopi bubuk, instan, atau kopi tanpa kafein. Setelah itu, peserta studi dikelompokkan menjadi enam kategori berdasarkan pada asupan kopi harian, terdiri dari sama sekali tidak minum kopi, kurang dari satu, satu, dua hingga tiga, empat hingga lima, dan lebih dari lima cangkir per hari. 

Peneliti juga mendiagnosis 43.173 peserta studi mengalami penyakit kardiovaskular selama masa penelitian. Luar biasanya, terlihat bahwa mereka yang minum kopi 2-3 cangkir per hari lebih minim risiko. Lalu, peminum kopi bubuk dan instan juga dikaitkan dengan penurunan risiko kejadian aritmia, termasuk fibrilasi atrium. Tapi, ini terjadi pada kelompok peminum kopi 4-5 cangkir per hari dibandingkan dengan kelompok tidak minum kopi sama sekali. "Temuan kami menunjukkan bahwa minum kopi dalam jumlah sedang terbukti dapat menyehatkan jantung," terang Profesor Kistler.


Artikel Asli : 
https://lifestyle.sindonews.com/read/897329/155/studi-minum-kopi-2-3-cangkir-tiap-hari-bisa-sehatkan-jantung-1664327341

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut