get app
inews
Aa Read Next : Kualifikasi Piala Dunia 2026, Manajer Sebut Timnas Bakal Pakai Jersey Keberuntungan

Hantam Vietnam, Timnas U-22 Melenggang ke Final SEA Games 2023

Sabtu, 13 Mei 2023 | 18:45 WIB
header img
Tampak Skuat Garuda keluar lapangan usai menaklukan Vietnam 3-2 di National Olympic Stadium Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5)2023). (iNewspalembang.id/ist)

PHNOM PENH, iNewspalembang.id - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 akhirnya lolos ke final SEA Games 2023, setelah menang secara dramatis 3-2 dari seterunya Vietnam.

Ribuan penonton dari kedua negara yang memadati National Olympic Stadium Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5)2023), menjadi saksi bagaimana sengitnya duel dari duo semifinalis tersebut.

Termasuk juga Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, yang ikut tegang lantaran Skuat Garuda harus bermain dengan 10 orang sejak pertengahan babak kedua, karena Arhan Pratama mendapat dua kartu kuning. 

Erick menyampaikan terima kasih kepada pemain-pemain di lapangan, yang selalu diingatkan bahwa Indonesia punya mental, punya nyali, ada hari ini. Itu yang membuat Indonesia menang.

Dengan 10 pemain, sambung dia, Indonesia memang kebobolan karena terus lawan terus lawan. Namun ketika waktu tinggal dua menit, justru Indonesia yang bikin gol. 

"Itulah Indonesia yang kita mau.Terima kasih masyarakat Indonesia, terima kasih pencinta sepakbola Indonesia yang terus berdoa, terus percaya bahwa tim kita ada. Terima kasih pada pemain yang membuktikan kita punya nyali, kita punya mental," ujar Erick, usai pertandingan.

Erick mengungkapkan, selama ini Timnas Indonesia selalu dibilang tidak siap, namun hari ini membuktikan bahwa Indonesia siap. 

"Kita punya fight. Itulah yang kita mau ke depan. Indonesia yang bisa sejajar dengan bangsa-bangsa di dunia. Tidak hanya melihat masa lalu, tapi masa depan," ungkap dia.

"Sekarang kembali kita fokus dan recovery pemain. Ini jadi kunci karena pasti kelelahan, secara fisik secara mental. Sekarang harus siap lagi untuk final," tegas dia.

Skuat Garuda membuka Gol lebih dulu lewat kaki Komang Teguh, lalu disamakan oleh Nguyen Van Tung. Kemudian Indonesia kembali memimpin, setelah pada menit ke-53. Muhammad Ferrari mencetak gol kedua. Tim lawan pun tak mengendurkan serangan, sebaliknya justru Vietnam menyamakan kedudukan pada menit ke-79, lewat gol bunuh diri Bagas Kaffa.

Kedudukan dua sama hingga mendekati akhir babak kedua, membuat kedua tim tambah tegang. Terlebih ada tambahan waktu yang diberi perangkat pertandingan sebanyak 8 menit.

Nah dimasa tambahan waktu itulah atau pada menit ke 90+3, Taufani Muslihuddin melakukan shooting mendatar dan terarah dari luar kotak pinalti, yang tak mampu di jangkau penjaga gawang Vietnam.Gol dari Taufani tersebut bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Pada partai final nanti, Indonesia menunggu pemenang antara Thailand dan Myanmar. Babak final akan berlangsung di National Olympic Stadium pada 16 Mei 2023.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut