get app
inews
Aa Read Next : Prabowo-Gibran Tetap Dapat Pengawalan Satgas Pam hingga H-30 Pelantikan Presiden dan Wapres

Simulasi Tiga Nama Capres, Hasil Survei LSI Sebut Prabowo Subianto Kalahkan Ganjar dan Anies

Minggu, 09 April 2023 | 17:15 WIB
header img
Prabowo Subianto (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Mendekati Pemilu 2024 dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Nama Prabowo Subianto kerap berada di posisi teratas pada setiap survei.

Kali ini giliran hasil survei dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang merilis hasil survei elektabilitas calon presiden 2024, Minggu (9/4/2023), bahwa Prabowo Subianto unggul dengan elektabilitas 30,3 persen.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menyatakan, bila Pilpres dilaksanakan hanya tiga nama seperti Prabowo Sibianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, maka Prabowo unggul atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Ganjar berada di angka 26,9 persen, sementara Anies 25,3 persen.

“Elektabilitas Prabowo itu naik dibanding Februari, 26,7 persen. Sedangkan Ganjar turun dibanding 35 persen pada Februari. Selain itu, Anies naik dibanding Februari 24 persen,” ujar Djayadi Hanan.

Hanan mengungkapkan, ada kemungkinan pernyataan Ganjar Pranowo terkait timnas Israel, sehingga terjadi pembatalan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia menjadi penjelas di balik merosotnya basis dukungan Ganjar.

Hanan melanjutkan, survei ini dilaksanakan pada 31 Maret-4 April 2023 dengan target populasi survei ini adalah WNI yang memenuhi syarat sebagai pemilih dan memiliki telepon/telepon seluler. Ada sekitar 83 persen dari total populasi nasional.

“Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) atau teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, dan 1.229 responden dipilih, lalu divalidasi, dan di- screening,” ungkap dia. 

Sementara, margin of error survei diperkirakan ±2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " LSI : Elektabilitas Prabowo Menguat, Unggul di Simulasi 3 Nama Capres ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/lsi-elektabilitas-prabowo-menguat-unggul-di-simulasi-3-nama-capres.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut