get app
inews
Aa Read Next : Pj Gubernur Sumsel Dorong Percepatan Pengembangan Kawasan LRT Ampera Palembang

Vaksinasi Covid-19 di Sumsel Melampaui Target Hingga 76 Persen

Sabtu, 01 Januari 2022 | 19:11 WIB
header img
Gubernur Sumsel Herman Deru berikan penghargaan tercapai vaksinasi covid-19. (Foto : Humas Pemprov Sumsel)

PALEMBANG, iNews.id  - Gubernur  Sumatera Selatan (SumselHerman Deru memberikan penghargaan kepada 126 lembaga, karena membantu pemerintah mencapai  target vaksinasi Covid-19 di Sumsel hingga 76,5 persen.  Penghargaan diberikan kepada 126 lembaga dan perseorangan  di Griya Agung Palembang, Jumat (31/12/2021) malam

Gubernur  Herman Deru mengatakan,  penghargaan diberikan kepada semua pihak yang telah berkontribusi mensukseskan vaksinasi hingga berhasil mencapai  herd immunity diakhir tahun 2021.  "Ini bentuk apresiasi dan ungkapan terimakasih Pemprov Sumsel kepada semua pihak yang telah membuat Sumsel telah lepas dari target vaksinasi di akhir tahun," kata Gubernur Deru.

Karena  sebelumnya Pemprov Sumsel menargetkan vaksinasi akhir tahun 2021  harus mencapai 70 persen. Namun atas kinerja dan sinergi  dari semua pihak, Sumsel berhasil melewati target tersebut.

"Vaksinasi melewati target ini sungguh luar biasa dan diluar ekspetasi kita semua. Terimakasih utamanya bagi para nakes yang telah berjuang luar biasa dalam masa-masa sulit memberikan pelayanan terbaik untuk pasien Covid, " ucap Herman Deru.

Penghargaan ini diharapkan menjadi pemacu  semangat semua pihak dan lapisan masyarakat, untuk segera menyelesaikan vaksinasi di Sumsel sampai dengan 100 persen. Gubernur  yakin Sumsel akan dengan cepat menyelesaikan vaksinasi 100 persen, jika semua pihak yang terlibat  tetap semangat dan selalu bersinergi.

"Suksesnya Sumsel mencapai target ini  bukan hanya oleh yang menerima penghargaan saja. Tapi masih banyak pihak lain yang tidak tersorot oleh Pemerintah yang juga berkontribusi  mencapai target vaksinasi ini," kata Gubernur.

Jika ada lembaga dan organisasi yang turut mensuksesan vaksinasi di Sumsel silahkan melakukan konfirmasi ke Pemprov Sumsel  untuk diberi penghargaan sebagai apresiasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Lesty Nurainy memaparkan  saat ini sebanyak 4.796.819  warga  sudah divaksinasi dari total sasaran 6.303.096 orang.

Menurutnya, pada pertengahan tahun, pasokan vaksin hanya 300 ribu dosis per bulan dan meningkat menjadi 700 ribu dosis vaksin mulai November 2021. "Pasokan vaksin tercukupi dan antusiasme masyarakat untuk divaksin sangat tinggi. Seluruh kabupaten dan kota sudah di atas 70 persen untuk dosis satu," ia mengungkapkan.

"Masih perlu peningkatan cakupan vaksinasi dosis kedua. Sebab hingga saat ini secara komulatif baru 42,92 persen atau 2.705.341 warga yang mendapatkan vaksin kedua. Begitu juga dengan optimalisasi vaksin bagi kaum lanjut usia yang baru mencapai 62,12 persen dosis satu dan 29,77 persen untuk suntikan kedua," ucap Lesty.

Ia menerangkan, untuk vaksin bagi lansia terjadi peningkatan signifikan, rata-rata 50 persen ke atas, bahkan ada daerah yang di atas 100 persen.

Untuk diketahui juga, Pemprov Sumsel menyerahkan 126 penghargaan kepada seluruh pihak yang  berkontribusi mensukseskan program vaksinasi di Sumsel, diantaranya   Rumah Sakit, Lembaga, Intansi BUMN, BUMD, 17 Kabupaten Kota di Sumsel, organisasi kemasyarakatan, maupun perorangan.

Gubernur Herman Deru secara simbolis menyerahkan hadiah berapa  satu unit mobil double cabin  diperuntukan bagi Polres Empat Lawang yang sukses besar dalam berkontribusi untuk mensukseskan vaksinasi terbanyak di Sumsel. 
 

Editor : Agustian Pratama

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut