get app
inews
Aa Read Next : Polda Sumsel Lagi-lagi Temukan Gudang Penimbun BBM Ilegal di Ogan Ilir

Perhatikan Lonjakan Jelang Arus Mudik Lebaran, Polda Sumsel Siapkan Sejumlah Antisipasi

Selasa, 04 April 2023 | 18:25 WIB
header img
Karo ops Polda Sumsel Kombes Pol Kamaruddin, saat memimpin rapat koordinasi awal lintas sektoral kesiapan Operasi Ketupat 2023 di ruang Lounge lantai 7 Gedung Utama Presisi Mapolda Sumsel, Selasa (4/4/2023). (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Jelang ramainya arus mudik pada Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah, Polda Sumsel mulai berkoordinasi lintas sektoral terkait kesiapan Operasi Ketupat 2023.

Sejumlah pihak terkait turut dalam rapat koordinasi awal lintas sektoral dalam di ruang Lounge lantai 7 Gedung Utama Presisi Mapolda Sumsel, Selasa (4/4/2023).

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi, melalui Kasubbid Penmas AKBP Yenni Diarty menyampaikan, rapat ini langkah awal persiapan menyambut Operasi Ketupat Musi 2023, sekaligus paparan masing masing fungsi dan penanggung jawab. 

“Semua pihak terkait dan masyarakat agar dapat mengantisipasi cuaca buruk dan bencana alam, serta lonjakan pergerakan orang pada saat mudik lebaran dan arus balik serta tempat rekreasi," ujar dia.

Arus puncak mudik nanti, ungkap Yenni, akan terjadi mulai H-4 sampai dengan H-1 dan arus balik mulai H+3 sampai dengan H+6. Atas dasar itulah, agar para stakeholder terkait dapat berkoordinasi untuk menyiapkan sarana prasarana pospam dan pos pelayanan yang baik pada jalur tol jalur alternatif dan arteri.

“Berikutnya mengantisipasi kendaraan yang mogok dan kehabisan BBM di jalur-jalur rawan kemacetan. Perlu dipersiapkan langkah pelayanan persediaan BBM bila terjadi crowded atau kemacetan," ungkap dia.

Seperti yang disampaikan Karo ops Polda Sumsel Kombes Pol Kamaruddin selaku pimpinan rapat, terang Yenni, pihaknya akan melaksanakan inspeksi jalur menuju alternatif, agar tidak ada kendala pada waktu pelaksanaan Operasi Ketupat Musi 2023.

"Karena mudik tahun ini berbeda dari mudik tahun sebelumnya. Kami juga akan perkuat personel baik pada jalur tol dan jalur arteri. Jadi, harus ada langkah-langkah rekayasa lalu lintas dan cara bertindak, agar menjadi satu persepsi yang sama antara stakeholder terkait,” tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut