get app
inews
Aa Read Next : Erick Thohir Sebut Timnas Indonesia U-23 Punya Momentum di AFC U-23 Asian Cup Qatar 2024

Inspeksi Venue Piala Dunia U-20, Erick Thohir Puas dengan Fasilitas Stadion Gelora Bung Tomo

Senin, 13 Maret 2023 | 13:35 WIB
header img
Ketua LOC FIFA U-20 World Cup 2023, Erick Thohir, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Menpora Zainuddin Amali, saat berada di Stadion GBT Surabaya, Senin (13/3/2023). (iNewspalembang.id/pssi.org)

SURABAYA, iNewspalembang.id - Ketua Panitia Penyelenggara FIFA U-20 World Cup 2023 (LOC), Erick Thohir menyatakan, puas melihat kondisi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, saat melakukan inspeksi venue, Senin (13/3/2023).

“Hari ini saya terus terang terharu, karena dilaporkan pemerintah daerah (pemda) dan Pusat dua bulan terakhir melakukan misi yang tidak mudah. Mempersiapkan secara serius Piala Dunia U-20. Dengan kondisi yang ada saat ini bisa dibilang GBT salah satu yang terbaik di Indonesia,” ujar dia.

Tak lupa Erick mengucapkan terima kasih atas keberadaan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, karena fasilitas yang ada di GBT ini merupakan bentuk keseriusan yang luar biasa.

“Renovasi lapangan sepak bolanya maksimal, begitupula infrastruktur pendukungnya,” kata Erick yang didampingi Menpora Zainuddin Amali, Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha dan jajaran pengurus PSSI dan LOC.

Sepekan jelang audit akhir FIFA tanggal 21-27 Maret 2023, Pemkot Surabaya terus memenuhi catatan kekurangan fasilitas Stadion GBT. Eri Cahyadi menyebut semua catatan perbaikan dari FIFA yang menjadi ranah pemkot, sudah dieksekusi.

Seperti menyangkut jalur disabilitas, area wartawan, tribune VIP, dan juga lahan parkir. Juga termasuk pagar lapangan yang sudah dalam kondisi tertutup semua. Khusus akses disabilitas di GBT lokasinya dipindah. 

Akses disabilitas sebelumnya ada di gate 9 hingga 10 dan gate 13-14 akan dipindah ke gate 1. Selain akses disabilitas, FIFA juga sempat masukan terkait platform broadcast yaitu desain dan pitch management di lapangan. Kementerian PUPR pun proaktif meresponsnya. Selain lapangan utama, renovasi juga dilakukan di venue latihan Lapangan A dan C di area GBT, plus Gelora 10 November dan Thor. 

“Kita sekarang bisa bersyukur di luar Jakarta punya fasilitas bagus berstandar internasional. Hal ini menunjukkan pembangunan tidak hanya terpusat di Jakarta, tetapi juga daerah-daerah lain,” ungkap Erick.

Pada verifikasi sebelumnya, Stadion GBT Surabaya sendiri mendapat nilai bagus dari FIFA enam venue Piala Dunia U-20.

“Kalau Jawa Timur bisa, daerah lain juga bisa. Kita harus serius berkaitan dengan infrastruktur, FIFA tak segan mengurangi dua stadion. Kita harus mempersiapkan semua secara maksimal agar hal-hal yang tak diinginkan terjadi,” tandas dia.

Even Piala Dunia U-20 2023 sendiri rencananya digelar pada 21 Mei-11 Juni di enam kota. Selain Surabaya, pertandingan turnamen yang diikuti 24 negara ini akan diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

 

 

 

 

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut