Logo Network
Network

Tunjuk Kemaluan, PSSI Denda Patrich Wanggai Rp50 Juta

Gusti
.
Jum'at, 24 Desember 2021 | 07:43 WIB
Tunjuk Kemaluan, PSSI Denda Patrich Wanggai Rp50 Juta
Pemain Sulut United Patrich Wanggai disanksi Komite Disiplin PSSI Rp50 juta karena perbuatan tidak pantas. (Foto : Instagram resmi Sulut United)

JAKARTA, iNews.id - Komite Disiplin Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memberikan sanksi tiga klub Liga 2 2020, dengan total denda mencapai Rp150 Juta. Salah satunya  klub Sulut United  atas nama pemain Patrich Steev Wanggai yang memprovokasi masyarakat, melakukan gerakan tidak pantas menunjukkan kemaluan ke penonton meskipun memakai celana. 

Hal ini terungkap dalam hasil sidang komite disiplin PSSI 21 Desember 2021, yang dipublikasikan di situs PSSI. Tiga klub yang mendapatkan sanksi dan denda tersebut, mulai dari PSMS Medan, Sriwijaya FC (SFC) dan Sulut United.

Untuk Sulut United, saat bertanding  kontra Martapura Dewa United pada 20 Desember 2021, pemain  Sulut United,  Patrich Steev Wanggai melanggar karena memprovokasi masyarakat. Pada saat pergantian pemain, keluar lapangan melakukan gerakan tidak pantas dengan cara menunjukkan kemaluan meskipun menggunakan celana ke arah penonton. Alhasil Patrich dihukum larangan bermain dua pertandingan dan didenda Rp.50 juta.  

Bukan hanya pemain, di pertandingan yang sama pelatih kepala tim Sulut United,  Ricky Nelson Gideon Ndun  juga melanggar karena tingkah laku buruk terhadap pemain lawan, atau orang-orang selain dari perangkat pertandingan. 

Ricky Melanggar fairplay dengan cara melakukan penyerangan mendorong pemain lawan dan mendapatkan kartu merah langsung. Ricky dihukum larangan mendampingi tim dua pertandingan dan didenda Rp.10 juta.

Lalu tim kedua yang kena sanksi adalah PSMS Medan saat bertanding melawan Sulut United  16 Desember 2021, melanggar aturan dengan masuknya tamu VIP ke ruang ganti tim PSMS Medan. Tamu tersebut tidak terdaftar dalam daftar offisial yang disahkan serta tidak ada di daftar susunan pemain (DSP) sebagai ofisial tim. PSMS didenda Rp.50 juta.

Kemudian tim ketiga yang terkena sanksi yakni Sriwijaya FC, SFC saat pertandingan melawan Persis Solo pada  19 Desember 2021, SFC harus bertanggung jawab terhadap tingkah laku buruk penonton. Setelah selesai pertandingan ada lebih dari satu orang suporter tim SFC turun dari tribun masuk ke dalam lapangan. SFC  didenda  Rp.25 juta.

Selain klub, PSSI juga memberi sanksi terhadap panitia  pelaksana PT Liga Indonesia Baru (LIB). Saat pertandingan Liga 2 Persis Solo melawan Sriwijaya FC pada  19 Desember 2021,  panitia pelaksana PT LIB gagal menjalankan tanggung jawab menjaga ketertiban dan keamanan. 

Setelah selesai pertandingan ada lebih dari satu orang suporter tim Sriwijaya FC turun dari tribun masuk ke dalam lapangan. Panitia pelaksana PT LIB didenda  Rp.20 juta.

Editor : Agustian Pratama

Follow Berita iNews Palembang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.