get app
inews
Aa Read Next : Begini Respons Fauzi Amro dan Bupati Muratara, usai Kunjungan Komisi II DPR RI ke Tapal Batas

Muba Miliki Pusat Jajanan, Semua Kuliner Tersedia

Kamis, 23 Desember 2021 | 19:38 WIB
header img
Plt Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi saat melihat salah satu kuliner yang dijual di Pusat Jajanan Sekayu, Kamis (23/12/2021). Humas Muba

SEKAYU, iNews.id – Musi Banyuasin (Muba) resmi memiliki Pusat Jajanan Sekayu (PJS) terlengkap, yang berada di kawasan Taman Gelanggang Remaja Sekayu, Kamis (23/12/2021).

Plt Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi langsung yang meresmikan Pusat Jajanan Sekayu (PJS), dengan didampingi Wakil Ketua I TP PKK Muba Susy Imelda Beni.

Di PJS, pengunjung bisa menemukan segala jenis makanan kuliner. Tempat yang santai dan dikemas dengan modern menjadikan PJS bisa jadi pilihan semua kalangan, baik itu keluarga ataupun anak muda yang memang sangat suka bersantai.

"Hari ini kita menghadiri peresmian Pusat Jajanan Sekayu, serba ada dengan konsep yang berbeda. Sebagai salah satu pilihan tujuan penikmat kuliner, menikmati fasilitas bersantai yang nyaman dan modern, sambil menikmati jajanan lengkap, variatif, sehat, dan tentunya sesuai dengan yang diharapkan," kata Beni dalam sambutannya.

Dalam kesempatan ini, Plt Bupati juga menyampaikan terimakasih dan apresiasinya kepada Bank SumselBabel Cabang Sekayu dan jajaran, yang telah ikut andil dalam pembangunan di Kabupaten Muba dengan program CSR. Salah satunya telah mempercantik bangunan PJS.

"Mudah-mudahan dengan adanya inovasi dan kreativitas dalam rangka pemberdayaan koperasi dan UMKM, anggaran yang berpihak kepada kelompok masyarakat pelaku usaha mikro dapat kita tingkatkan lagi," ujarnya.

Ketua PMI Kabupaten Muba ini melihat, keberadaan Pusat Jajanan Sekayu Muba, menjadi awal bagi perubahan pola fikir pelaku usaha mikro untuk lebih kreatif dan berinovasi serta berani menghadapi persaingan.

"Peresemian Pusat Jajanan Sekayu sebagai langkah usaha mikro kecil, agar mudah diakses oleh konsumen dan di jadikan tempat jajan yang representatif, menyediakan aneka kuliner khas Muba yang lengkap dan memenuhi standar kesehatan," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bank SumselBabel Cabang Sekayu, Dedek Abdul Halim menjelaskan, pendirian Pusat Jajanan Sekayu ini merupakan bentuk responsif dari Bank SumselBabel dalam bentuk CSR. Dengan tujuan menggalakkan perekonomian khususnya pada UMKM di Kabupaten Muba.

"Selama ini jajanan khususnya di Kota Sekayu belum terintegrasi, maka dari itu, kita berkolaborasi bersama Dinas Koperasi UKM, TP PKK Muba dan IWAPI Muba untuk mendirikan Pusat Jajanan Sekayu ini, sehingga para pembeli bisa lebih gampang dan nyaman untuk menikmati kuliner di Kota Sekayu,” katanya.

Pihaknya juga menyediakan fasilitas pembayaran non tunai atau QRIS, guna mempermudah proses pembayaran di PJS ini.

“Kita juga menyediakan program pinjaman berupa KUR, untuk para pedagang yang memenuhi kriteria sehingga dapat berkelanjutan untuk membuka usaha," jelasnya.

Dari laporan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Muba Ir Zulfakar MM, bangunan PJS ini dibangun sejak tahun 2019, namun fasilitas belum lengkap seperti sekarang ini.

Berkat kolaborasi dengan TP PKK dan bantuan CSR dari Bank Sumsel Babel sebesar Rp500 juta, akhirnya terciptalah tempat PJS ini.

Pada 2020, pembangunan fasilitas dilanjutkan. Bank SumselBabel menawarkan kepada TP PKK untuk mengelola tempat ini sebagai Pusat Jajanan Sekayu. Kita berfikir untuk mengembangkan tempat ini, akhirnya akhirnya disetujui Rp500 juta CSR dari Bank Sumael Babel.

"Dengan diresmikannya PJS ini, kita harapkan dapat menopang perekonomian dan UMKM pasca pandemi Covid-19 ini, selain bantuan kredit usaha dari Bank Sumsel Babel, para pedagang di PJS ini juga kita bantu mengurus izin kesehatan dan juga BPOM nya. Kami mengharapkan para OPD agar dapat mensuport PJS ini agar dapat berkelanjutan," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Plt Bupati Muba didampingi Direktur Bisnis Bank SumselBabel Antonius Prabowo, menyerahkan, beberapa bantuan hibah peralatan pembuatan pakan ternak ayam buat dua kelompok tani di Kecamatan Sungai lLilin masing-masing Rp100 juta. Bantuan hibah peralatan bengkel/otomotif untuk empat UKM di Kecamatan Sungai Lilin, masing-masing Rp50 juta.

Bantuan hibah peralatan pertukangan atau meubel untuk tiga UKM di Kecamatan Sungai Lilin masing-masing Rp33.300.000.

Selanjutnya ada juga bantuan hibah peralatan pertukangan atau meubel untuk 10 UKM di Kecamatan Keluang masing-masing Rp20 juta. Bantuan Wirausaha Pemula untuk 39 UKM di Kecamatan Sekayu, Lais, Babat Supat, Sungai Lilin, Keluang, dan Tungkal Jaya masing-masing Rp8 juta.

Editor : M. Rizal Effendi

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut