get app
inews
Aa Read Next : Begini Respons Fauzi Amro dan Bupati Muratara, usai Kunjungan Komisi II DPR RI ke Tapal Batas

RSUD Bayung Lencir Resmi Miliki Gedung Ponek

Kamis, 16 Desember 2021 | 19:19 WIB
header img
Plt. Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi SIP meresmikan gedung Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif (Ponek) RSUD Bayung Lencir, Kamis (16/12/2021). Humas Muba

BAYUNG LENCIR, iNews.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bayung Lencir dan Puskesmas Sri Gunung, resmi memiliki gedung Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif (Ponek). Peresmian gedung dilakukan langsung Plt. Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi SIP, Kamis (16/12/2021).

Dalam kunjungannya kerja ke Kecamatan Bayung Lencir, Beni Hernedi juga melakukan Pengukuhan Ikatan Keluarga Pasundan Bersatu (IKPB), Bayung Lencir dan Ikatan Keluarga PALI (IKAPALI) Bayung Lencir, di halaman RSUD Bayung Lencir.

Dikatakan Beni Hernedi, Pemerintah Kabupaten Muba telah berkomitmen memberikan dan terus meningkatkan pelayanan kepada warganya. Muba yang punya wilayah yang cukup luas, memang terus berupaya supaya pelayanan kepada warganya merata disetiap tempat. Termasuk wilayah perbatasan seperti Kecamatan Bayung Lencir.

Pelayanan di bidang kesehatan menjadi prioritas Pemkab untuk terus ditingkatkan. Itu juga menjadi bukti jika daerah itu berkembang dan punya daya saing.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Legislatif atas kerjasama dan dukungannya, terkait kita menambah kelengkapan fasilitas kesehatan," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Bupati Muba juga menyampaikan, sebelumnya ia mengikuti pengarahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada kepala daerah seluruh Indonesia di Kantor Camat Bayung Lencir secara virtual.

Dalam pengarahan Presiden RI tersebut diungkapkan, Menteri Kesehatan RI sudah medikler bahwa varian baru Covid-19 Omicron yang tingkat penularan tiga kali lebih cepat sudah masuk di Indonesia yakni di Jakarta, sehingga sudah bisa dipastikan menurut WHO Omicron sudah ada di 29 negara.

"Ada tiga arahan Presiden yang perlu kita perhatikan, pertama prokes harus tetap berjalan terutama memakai masker, kemudian seluruh komponen jangan menganggap enteng varian baru Covid-19 ini dituntut untuk testing dan tracking yang berkontak erat jika ada kasus, dan Presiden meminta vaksinasi dipercepat. Ini (vaksinasi) harus menjadi agenda yang penting untuk ditingkatkan terus sesuai target," tandasnya.

Oleh sebab itulah, ia mengingatkan kepada rumah sakit dan puskesmas di Sekayu untuk tetap waspada dan terus membantu mensosialisasikan protokes dan terus kebut vaksinasi Covid-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Muba dr Azmi Dariusmansyah MARS, mengucapkan tingkat vaksinasi di Bayung Lencir sudah mencapai 80 persen. Di bidang kesehatan, perhatian Pemkab Muba membuat RSUD Bayung Lencir bisa berkembang pesat.

Saat ini berdiri Gedung Ponek dengan pelayanan 24 di RSUD Bayung Lencir sesuai dengan master plan yang ada di Muba. Dimana tiga rumah sakit di Muba untuk RSUD Sekayu, mengarah ke pelayanan jantung, RSUD Sungai Lilin pelayanan Trauma Center, dan RSUD Bayung Lencir memang dari dulu diarahkan ke gawatdaruratan kebidanan.

Dalam kegiatan ini dilakukan pula penyerahan empat kendaraan operasional kesehatan, untuk Puskesmas Bukit Selabu Kecamatan Batang Hari Leko, Luskesmas Sanga Desa, Puskesmas Bayung Lencir, dan RSUD Bayung Lencir.

Editor : M. Rizal Effendi

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut