get app
inews
Aa Read Next : Cuaca Terik Sepekan Ini Akibat Fenomena Gelombang Panas, Begini Penjelasan BMKG

Cuaca Ekstrem Melanda, Waspadai Penyakit Ini

Kamis, 29 Desember 2022 | 11:25 WIB
header img
BMKG memperingatkan masyarakat agar tetap berhati hati selama cuaca ekstrem di Indonesia (FOTO: INEWS.ID)

 

PALEMBANG, iNewspalembang.id - Indonesia tengah mengalami situasi cuaca ekstrem. Sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk perairan akan dilanda hujan deras disertai angin

BMKG memprediksi, kondisi ini berlangsung 28 Desember hingga Januari mendatang. Atas kondisi ini, warga diminta untuk waspada dan berhati hati untuk menjaga kesehatan tubuh atau fisik. 

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut empat penyakit yang umum terjadi saat cuaca ekstrem tiba serta cara mengobatinya. 

 

1. Infeksi Saluran Pernapasan Akut 
Ketika musim pancaroba tiba, penyakit satu ini cukup rentan menyerang manusia. Apalagi jika seseorang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Gejala paling umum dan banyak dialami berupa demam, batuk, pilek, sinus, sakit tenggorokan, pegal-pegal, dan kelelahan. Gejala tersebut menandakan bahwa daya tahan tubuh menurun akibat cuaca yang tak menentu, serta diserang virus dan kuman yang banyak bertebaran di udara. Sebagian besar penyebab infeksi saluran pernapasan akut tidak dapat diobati. Oleh karena itu, pencegahan merupakan metode terbaik untuk menangkal infeksi saluran pernapasan yang berbahaya ini, yakni dengan cara memeriksakan diri ke dokter. 

Editor : Andhiko Tungga Alam

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut