get app
inews
Aa Read Next : Maucash Ramaikan Festival Foodies Palembang Dalam Rangka HUT FIFGROUP 

Indonesia Survey: Gandeng Generasi Muda Kawal Demokrasi untuk Indonesia Maju

Minggu, 11 Desember 2022 | 21:55 WIB
header img
Peluncuran Indonesia Survey di Palembang, Jumat (9/12/2022)/(FOTO: ATE ALAM)

PALEMBANG, iNewspalembang.id - Indonesia Survey, optimistis dapat menjadi jembatan untuk memberikan informasi tentang persepsi harapan dan evaluasi publik terhadap kondisi dan perkembangan sosial-politik sesuai dengan etika dan profesionalisme dalam marwahnya sebagai lembaga survei. 

Selain itu, Indonesia Survey ke depan dapat merespons tanggapan dan keinginan masyarakat Indonesia terkait kebijakan pemerintah, baik yang tengah berjalan ataupun yang akan datang. 

Direktur Eksekutif Indonesia Survey , Khairil Amri, mengatakan, posisi lembaga survei dalam transisi demokrasi menjadi komponen yang cukup penting, karena prinsip keterwakilan (representativeness) dan keilmiahannya (scientificness) adalah unsur penting yang dalam merancang sebuah keputusan dan kebijakan. Hal itulah maka sulit terpisahkan antara politik dan lembaga survei.

"Indonesia Survey tidak hanya berbicara mengenai pemenangan kandidat, tapi posisinya juga dapat berbicara mengenai kebijakan publik, Di sinilah peran lembaga survei sebagai penghubung antara imajinasi masyarakat dan kebijakan pemerintah," tegasnya, Jumat (9/12/2022). 

Ia menjelaskan, Indonesia Survei adalah lembaga riset opini publik di Indonesia, yang baru berdiri sejak Desember 2022. Riset atau penelitian yang dilakukan terutama terkait dengan kontestasi politik seperti pemilihan umum nasional maupun daerah dan pembuatan kebijakan publik. 

Selain itu, Indonesia Survei merupakan lembaga survei yang akan mewarnai sejak dini, mulai dari pendeteksian para bakal kandidat hingga melakukan hitung cepat (quick count) beberapa saat setelah pemilu dilangsungkan. Termasuk, pesta demokrasi untuk memilih calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Republik Indonesia 2024 mendatang. 

Launching Indonesia Survey ini juga sebagai bentuk perayaan dan rasa syukur serta dapat bermanfaat bagi masyarakat. Para volunteer yang siap bergabung akan dikukuhkan dengan prosesi yang khidmat. Peranan volunteer ini nantinya akan melakukan survei secara langsung kepada masyarakat yang dikemas dalam tajuk Volunteer Event yang tersebar di kabupaten/kota di Indonesia.

Mereka melakukan riset baik secara secara digital dan manual secara langsung kemasyarakat bahkan hingga pelosok wilayah perairan. Aksi sosial ini dibentuk untuk membantu dan mengedukasi masyarakat. 
 

Editor : Andhiko Tungga Alam

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut