get app
inews
Aa Read Next : Ini Kesepakatan Hasil Pertemuan Jokowi dan Erdogan Terkait Penyelesaian Masalah Gaza

2024, Presiden Jokowi Targetkan Indonesia Jadi Pusat Ekonomi Syariah

Sabtu, 11 Desember 2021 | 07:08 WIB
header img
Gambar Presiden Jokowi memberikan sambutan pada peresmian pembukaan Kongres Ekonomi Umat Ke-2 Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tahun 2021 yang digelar di The Sultan Hotel and Residence, Jakarta, Jumat, 10 Desember 2021. (Foto : BPMI Setpres - Rusman )

JAKARTA, iNews.id - Indonesia ditargetkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi pusat ekonomi syariah pada 2024 mendatang, pemerintah akan mengembangkan berbagai sektor syariah untuk mencapai target tersebut.

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan sambutan pada peresmian pembukaan Kongres Ekonomi Umat Ke-2 Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tahun 2021 yang digelar di The Sultan Hotel and Residence, Jakarta, Jumat 10 Desember 2021. Foto: BPMI Setpres/Rusman

Hal ini diungkapkan Presiden Jokowi  saat memberikan sambutan pada peresmian pembukaan Kongres Ekonomi Umat Ke-2 Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tahun 2021 yang digelar di The Sultan Hotel and Residence, Jakarta, Jumat, 10 Desember 2021.

Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia dengan jumlah 207 juta jiwa atau 87 persen dari total penduduknya.  Untuk itu ia menegaskan komitmen pemerintah  menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah pada tahun 2024 mendatang.  

“Kita akan berusaha keras untuk itu,” kata Presiden, dilansir dari situs kepresidenan, Sabtu (11/12/2021). 

Untuk mencapai target itu,  pemerintah   berupaya keras  mengembangkan sejumlah sektor, yaitu industri halal, sektor keuangan syariah, sektor keuangan sosial syariah, hingga kewirausahaan syariah.

Menurutnya, ekonomi syariah Indonesia sendiri saat ini berada di peringkat keempat  dunia, meningkat dari posisi ke-9 pada tahun 2014 lalu. Melihat data ini  Presiden memperkirakan  dalam tiga hingga empat tahun ke depan, ekonomi syariah Indonesia akan berada pada posisi dua besar.

 

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut