get app
inews
Aa Read Next : Update Erupsi Semeru,  Korban Meninggal Bertambah 51 Jiwa

Laporan Pusat Vulkanologi 5 Desember : Waspada Guguran Lava Semeru

Minggu, 05 Desember 2021 | 10:58 WIB
header img
Gambar pemantauan visual pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi. (foto : Badan Geologi Kementrian ESDM )

LUMAJANG, iNews.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), merekomendasikan masyarakat sekitar Gunung Semeru  waspada akan awan panas dan guguran lava  Gunung Semeru.

Hal ini berdasarkan laporan  terakhir Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementrian ESDM, Minggu (5/12/2021) di situs resmi Badan Geologi Kementrian ESDM, tentang bencana geologi  di  KRB (kawasan rawan bencana) Gunung Api Semeru Jawa Timur.

Bencana yang terjadi di Semeru masih status waspada, dan masuk kategori gempa bumi level menengah. Berdasarkan pemantauan visual,  asap kawah tidak teramati dan awan panas guguran dengan jarak luncur 4000 meter, dari puncak atau 2000 meter dari ujung aliran lava ke tenggara (Besuk Kobokan).

Lalu, dari kegempaan, Gempa vulkanik yang berkaitan dengan letusan, guguran, hembusan asap kawah aktivitas tektonik. Terjadi  34 kali gempa Letusan/Erupsi, dua kali gempa awan panas guguran,  13 kali gempa guguran, 15 kali gempa Hembusan dan satu kali gempa tektonik Jauh.

Pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi merekomendasikan agar masyarakat/pengunjung/wisatawan tidak beraktivitas dalam radius 1 Km dari kawah/puncak Gunung Semeru, dan jarak 5 Km arah bukaan kawah di sektor tenggara - selatan, serta mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru.

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut