Head to Head versi CSIS, Elektabilitas Anies Baswedan Kalahkan Prabowo dan Ganjar

Felldy Utama
.
Senin, 26 September 2022 | 19:15 WIB
Hasil survei CSIS pada Agustus 2022, elektabilitas Anies Baswedan mengungguli Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto jelang Pilpres 2024 nanti. (iNewspalembang.id/facebook @Anies Baswedan)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Mendekati tahun Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, sejumlah lembaga survei terus menggedor nama tokoh-tokoh yang berpotensi diklaim publik menggantikan Joko Widodo (Jokowi).

Seperti pada beberapa tokoh yang dimunculkan beberapa lembaga survei, nama Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, kerap masuk dalam survei tertinggi.

Nah, kali ini gliran Centre for Strategic and International Studies (CSIS) yang merilis hasil survei mereka pada bulan Agustus 2022 dengan menggunakan simulasi dua calon atau head to head.

Menurut Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes, dari hasil survei tersebut, elektabilitas Anies Baswedan mengungguli Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto jelang Pilpres 2024 nanti.

Arya melanjutkan, CSIS melakukan simulasi head to head terhadap tiga nama itu, karena sejauh ini selain tiga nama teratas tidak ada yang menyentuh angka 50 persen elektabilitasnya.

"saat dilakukan head to head antara Pak Anies dengan Pak Ganjar, nah jadi kami menemukan angka yang ini. Pak Anies 47,8 persen, Pak Ganjar 43,9 persen," ujar dia saat menyampaikan secara daring, Senin (26/9/2022).

Arya mengungkapkan, selain antara Anies versus ganjar, CSIS juga melakukan head to head antara Ganjar dengan Prabowo, yang ternyata hasilnya Ganjar mengungguli Prabowo Subianto.

"Bagimana head to head-nya Pak Ganjar dengan Pak Prabowo? Itu situasinya Pak Ganjar 47,2 persen, Pak Prabowo 45 persen," ungkap dia.

Kemudian, terang Arya, CSIS melakukan head to head juga antara Anies Baswedan dengan Prabowo Subianto. Anies kembali mengungguli Prabowo Subianto.

"Pak Anies mendapat angka 48,6 persen, Pak Prabowo 42,8 persen. Jadi kami menguji dari tiga nama itu dari tiga kemungkinan," tandas dia.

Arya memaparkan, bahwa survei ini dilakukan pada periode 8-13 Agustus 2022, dimana populasi survei penduduk Indonesia berusia 17 sampai 39 tahun. Kerangka sampel berasal dari populasi penduduk Indonesia berdasarkan sensus penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020.

Penarikan sampel dilakukan secara acara atau multistage random sampling. Jumlah sampel 1200 responden tersebar proposionel di 34 Provinsi. Setelah menggunakan kendali mutu data yang valid dianalisis sebesar 1192 sampel. Margin of erorr +/- 2,84 persen tingkat kepercayaan 95 persen.



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Survei CSIS Sebut Anies Unggul Jika Head To Head Lawan Ganjar atau Prabowo ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/survei-csis-sebut-anies-unggul-jika-head-to-head-lawan-ganjar-atau-prabowo.

 

Editor : Sidratul Muntaha
Bagikan Artikel Ini