Sebelum Divonis Sakit Lambung, Perhatikan Kebiasaan Buruk yang Tak Terduga Ini

Wiwie Heriyani
.
Jum'at, 23 September 2022 | 08:25 WIB
Ilustrasi sakit asam lambung. (iNewspalembang.id/mushaful imam)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Pernah mendengar istilah gastroesophageal reflux disease atau GERD? Ini adalah kondisi ketika asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan, atau biasa disebut sakit asam lambung.

Bagi yang pernah merasakan bagaimana nyerinya sakit asam lambung, tentu sangat paham ketika terjadi nyeri pada ulu hati, heartburn, serta berbagai gejala lainnya pada area dada bagian bawah dan perut.

Nah GERD atau sakit asam lambung ini cukup rentan terhadap beberapa jenis makanan, sehingga Anda wajib memilih apa saja yang perlu dikonsumsi dan aman bagi lambung.

Namun selain makanan, bagi penderita asam lambung juga kerap melakukan sejumlah kebiasaan buruk yang tanpa disadari menjadi penyebab sakit lambung.

Berikut kebiasaan yang dapat menjadi penyebab sakit lambung

1. Hernia Hiatus

Penyebab sakit lambung di urutan pertama, adalah hernia hiatus. Saat menelan, pita otot melingkar di bagian bawah kerongkongan yang disebut juga dengan sfingter esofagus bagian bawah akan rileks. Hal ini memungkinkan makanan dan cairan mengalir ke perut, setelahnya sfingter akan menutup kembali. 

Saat bagian ini mengendur karena gangguan atau melemah, asam lambung dapat mengalir kembali ke kerongkongan yang menimbulkan iritasi dan radang. Masalah ini terjadi ketika bagian atas perut dan sfingter bergerak di atas diafragma, yaitu otot yang memisahkan perut dari dada. 

Biasanya, diafragma membantu untuk menjaga asam di perut. Namun karena gangguan ini, asam dapat naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala sakit lambung.

2. Gaya hidup tidak sehat

Penyebab sakit lambung berikutnya, yakni kebiasaan menjalani gaya hidup tidak sehat. Mulai dari kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol, kopi, hingga minuman bersoda. Jika tetap dilakukan secara berlebihan, maka akan memicu asam lambung menjadi sering naik.

3. Tidak mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi

Penyebab sakit lambung berikutnya, adalah tidak mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi. Selain disebabkan oleh telat makan, kekenyangan juga akan menyebabkan sakit lambung. Semakin banyak Anda makan, produksi asam lambung pun akan diproduksi lebih banyak, sehingga semakin besar kemungkinannya untuk naik.

4. Jadwal makan malam yang tak teratur

Pola makan tak teratur khususnya di malam hari, menjadi salah satu kebiasaan yang menjadi penyebab sakit lambung. Hal ini disebabkan karena setelah makan, Anda tidak menyediakan cukup waktu untuk tubuh mencerna makanan sebelum tidur.

Nah, untuk mengatasi asam lambung yang naik, sebaiknya hindari makan dua jam sebelum tidur. Selain itu, makanlah secara teratur agar lambung dapat bekerja dengan baik untuk mencerna makanan yang dikonsumsi sesuai waktunya.

5. Obesitas

Sakit lambung juga bisa dialami oleh seseorang yang mengalami obesitas dan berat badan berlebih. Sebab, lemak perut yang berlebih mengakibatkan tekanan pada area perut, sehingga berisiko terjadinya GERD dan asam lambung naik.

6. Konsumsi makanan pedas dan asam

Penyebab sakit lambung di urutan terakhir, adalah mengonsumsi makanan pedas dan asam. Kandungan asam pada buah-buahan seperti jeruk, lemon, stroberi, atau makanan yang mengandung cuka, dapat memicu nyeri ulu hati yang terasa perih seperti terbakar.

Apalagi, bila makanan itu dikonsumsi ketika perut dalam keadaan kosong. Makanan pedas juga termasuk penyebab sakit lambung. Kandungan capsaicin pada makanan pedas diketahui dapat memperlambat pengolahan makanan, sehingga lambung menjadi penuh dalam waktu yang lebih lama.

Hal ini dapat memicu kambuhnya nyeri ulu hati. Selain itu, makanan pedas juga dapat mengiritasi dinding lambung. Pada penderita maag, terutama maag kronis, dinding lambung sudah mengalami peradangan. Makanan pedas tentu bisa memperparah kondisi ini. Sebab itu, kurangi atau hindarilah makanan yang mengandung cabai atau lada.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Waspada, Ternyata Kebiasaan Tak Terduga Ini Bisa Jadi Penyebab Sakit Lambung ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/lifestyle/health/penyebab-sakit-lambung/3.

 



 

 

Editor : Sidratul Muntaha
Bagikan Artikel Ini