Ini Respons Tokopedia, Soal Sejumlah Startup Berlakukan Kebijakan PHK

Heri Purnomo
.
Kamis, 22 September 2022 | 18:15 WIB
Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya. (iNewspalembang.id/facebook @ Ekhel Chandra Wijaya Liu)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Akhir-akhir ini cukup banyak perusahaan rintisan atau startup harus melakukan kebijakan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Apalagi, kondisi ini dibarengi dengan sikap investor yang mulai mengalihkan pendanaannya dari startup marketplace ke sektor-sektor lain.  

Lantas, bagaimana dengan kondisi PT Tokopedia, apakah ikut memberlakukan kebijakan PHK karyawannya?

Menanggapi kondisi tersebut, Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya menegaskan, pihaknya saat ini tidak ada kebijakan PHK terhadap karyawan. 

Ekhel beralasan, perusahaan platform marketplace berbasis teknologi digital seperti Tokopedia, sumber daya manusia atau talenta digital adalah aset yang paling berharga.

Namun, sambung dia, pihaknya enggan mengomentari soal entitas perusahaan lain.hal yang pasti Tokopedia untuk saat ini belum ada pemutusan kerja.

“Yang dapat kami sampaikan, bagi perusahaan teknologi seperti Tokopedia, sumber daya manusia atau talenta digital adalah aset jangka panjang yang paling berharga," ujar dia, ketika dijumpai di kawasan Senopati, Jakarta, Kamis (22/9/2022). 

Ekhel mengungkapkan, justru mereka saat ini fokus pada pengembangan talenta digital, untuk menciptakan produk dan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia. 

Mereka percaya, tambah Ekhel, bahwa yang dibutuhkan talenta terbaik untuk menciptakan produk dan layanan terbaik yang dapat mempermudah kehidupan masyarakat Indonesia.

“Dan mendorong pertumbuhan dan perkembangan pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal," tandas dia. 

Seperti diketahui, sejumlah perusahaan Startup seperti Shopee Indonesia mengumumkan PHK terhadap 3 persen karyawannya. Sebelumnya, Zenius, LinkAja, hingga JD.ID juga melakukan hal yang serupa. 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Startup Dilanda Gelombang PHK, Ini Tanggapan Tokopedia ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/startup-dilanda-gelombang-phk-ini-tanggapan-tokopedia.

 

Editor : Sidratul Muntaha
Bagikan Artikel Ini