Ternyata Berbeda Lho! Ini Beda dan Manfaat dari Bunga Bangkai dan Rafflesia Arnoldi

Shabrina Saraya
.
Jum'at, 16 September 2022 | 06:35 WIB
Bunga Rafflesia Arnoldi yang sedang berkembang di di perkebunan Air Pedas Desa Tebat Monok Jalan Lintas Kepahiang Bengkulu, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. (iNewspalembang.id/mushaful imam)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Hal yang lumrah, bila masih banyak masyarakat yang menganggap Bunga bangkai dan Rafflesia Arnoldi merupakan tumbuhan sejenis.

Secara karakteristik dan sekilas pandang, kedua jenis tumbuhan ini memang varian yang sama.

Ternyata, antara bunga bangkai dan Rafflesia Arnoldi ini jenis yang berbeda dan memiliki ciri masing-masing.

Yuk mari simak perbedaan bunga bangkai dan Rafflesia arnoldi, keunikan serta manfaat dengan bunga bangkai.

Habitat Bunga Bangkai dan Rafflesia

Dikutip dari buku ‘Worst 10’ terbitan Puspa Swara, bunga bangkai adalah tanaman dengan bunga terbesar di dunia. Habitat bunga bangkai bisa ditemukan di daerah Sumatera dan dari bunganya tercium bau busuk untuk mengundang para lalat dan kumbang penyerbuk. 

Kemudian, Rafflesia adalah tanaman parasit yang hidup menempel pada tumbuhan lain yang merambat. Tanaman yang bisa dijumpai di dataran Sumatera ini tidak memiliki daun sehingga tidak bisa berfotosintesis dan juga dikenal dengan bunga terbesar di dunia.

Bentuk Bunga Bangkai dan Rafflesia

Selain itu, perbedaan selanjutnya bisa dilihat dari arah pertumbuhannya. Rafflesia tumbuh menyamping, sedangkan bunga bangkai tumbuh menjulang ke atas dan bisa memiliki ketinggian hingga 4 meter dengan diameter mencapai 1,5 meter.

Rafflesia diketahui juga tidak dapat dibudidayakan di tempat lain. Sedangkan bunga bangkai dapat dengan mudah dibudidaya. Terakhir adalah rafflesia merupakan tumbuhan parasit, sedangkan bunga bangkai bukan merupakan parasit dan dia hidup di atas umbi sendiri.

Keunikan Bunga Bangkai

  • Jenis tumbuhan herbal

Tumbuhan herba yaitu tumbuhan yang memiliki banyak kandungan air di dalam batangnya dan tidak berkayu. Jika kita telusuri, bunga bangkai merupakan salah satu jenis tanaman umbi yang tidak berkayu

  • Memiliki umbi di bawah permukaan tanah 

Fungsi umbi yang berada dibawah permukaan tanah ini adalah untuk mencari makanan dan bertahan hidup sendiri.

  • Memiliki bau busuk yang menyengat

Tidak dapat dipungkiri bahwa bunga bangkai ini dikenal dengan bunga yang mengeluarkan bau busuk guna menarik perhatian lalat dan serangga untuk membantu penyerbukan.

  • Memiliki arah pertumbuhan yang menjulang ke atas

Bunga bangkai dapat tumbuh menjulang tinggi keatas berbeda dengan arah pertumbuhan Rafflesia arnoldii yang melebar kesamping.

  • Dapat dibudidayakan

Tanaman dengan bau menyengat ini ternyata adalah tanaman yang bisa kita budidayakan guna melestarikan ekosistem berkelanjutan.

Manfaat Bunga Bangkai

1. Sebagai sumber karbohidrat rendah kalori

Bunga bangkai merupakan jenis dari umbi-umbian, maka dari itu tanaman ini bisa menjadi salah satu sumber karbohidrat. Karbohidrat yang terkandung dalam satu buah umbi bunga bangkai sebanyak 69 kalori.

2. Membuat tulang semakin sehat 

Selain mengandung karbohidrat, umbi bunga bangkai juga mengandung kalsium. Diketahui, kalsium sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang kita.

3. Mencegah berbagai macam keluhan penyakit

Umbi bunga bangkai banyak mengandung banyak nutrisi yang baik, seperti karbohidrat, kalsium, dan mineral. Sehingga dengan kita mengkonsumsi banyak nutrisi yang baik untuk tubuh dan juga kesehatan.

4. Sebagai situs wisata 

Kondisi bunga bangkai yang unik dan dapat mengeluarkan bau yang menyengat sangat menarik banyak wisatawan. Oleh karena itu, tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan pengunjung, baik dari lokal maupun mancanegara.

Itulah tadi penjelasan bunga bangkai dengan Rafflesia. Nah, sudah tahukan seperti apa gambar bunga bangkai? Semoga bisa menambah wawasan kamu ya!

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Bunga Bangkai atau Rafflesia Arnoldi, Apa Bedanya? Ini Karakteristik dan Manfaatnya Lengkap ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/bunga-bangkai-atau-rafflesia-arnoldi-apa-bedanya-ini-karakteristik-dan-manfaatnya-lengkap/4.


 

 

Editor : Sidratul Muntaha
Bagikan Artikel Ini