Sebelum Bjorka, 6 Hacker Indonesia Ini sudah Diakui Dunia dan Ada yang Meretas Data NYPD

Ami Heppy S
.
Kamis, 15 September 2022 | 17:15 WIB
Ilustrasi hacker. (iNewspalembang.id/ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Sepekan ini pemerintah dihebohkan dengan adanya peretasan data kementerian dan pejabat, hingga data rahasia oleh hacker Bjorka. Hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menginstruksikan untuk segera diselesaikan.

Hingga saat ini pemerintah masih terus menelusuri, siapa sebenernya orang di balik hacker Bjorka ini.

Nah sedikit balik ke belakang, sebenarnya sebelum munculnya hacker Bjorka, memang sudah ada beberapa hacker Indonesia yang kehebatannya diakui dunia.

Ulah misteri dari para hacker tanah air ini tak hanya mengganggu sistem dalam negeri. Namun ada telah menggemparkan dunia.  Siapa saja mereka? Berikut ini iNews.id telah merangkum 6 hacker Indonesia yang kehebatannya diakui dunia.

1. E5a_CYB3R

Memiliki nama asli Erza Jullian, hacker 5a_CYB3R pernah menghebohkan publik setelah berhasil membobol situs KPU pada 2014 lalu. Tidak diketahui apa sebenarnya motif Erza melakukan aksinya tersebut.  

Setelah mengacak-acak situs tersebut, 5a_CYB3r mengembalikannya seperti semula setelah diminta oleh KPU.

2. Hmei7

Hacker dengan nama Hmei7 ini dikabarkan pernah meretas website WordPress beberapa tahun silam. Selain itu, Hmei7 juga pernah melakukan defacing (perusakan) pada sekitar 5 ribu website di tahun 2001 hanya dalam waktu dua hari saja. 

Sayangnya, hingga kini belum diketahui identitas asli dari Hmei7 ini.

3. Bio666x

Sosok Yogi Nugraha atau yang dikenal sebagai Bio666x ini pernah membuat negara tetangga kita kalang kabut. Pasalnya, Yogi yang kala itu berusia 19 tahun berhasil mematikan jaringan internet di Malaysia.  

Tak hanya itu, ia juga dikabarkan pernah membobol jaringan militer Singapura dan mendapatkan sejumlah informasi penting.

4. Xsvshacker

Satu lagi hacker Indonesia yang kemampuannya diakui dunia, ia adalah Xsvshacker. Ia diketahui pernah melakukan defacing terhadap lebih dari 430 ribu situs di seluruh dunia.  

Pada 2011, Xsvshacker. berhasil meretas data NYPD (New York Police Department). Tak hanya itu, ia juga berhasil membobol situs Kepresidenan Israel. 

Meski begitu, hingga kini belum terungkap identitas yang sebenarnya dari  Xsvshacker ini.

5. Hacker Indonesia ADC

Aksi hacker ADC ini pernah viral beberapa waktu yang lalu. Ia ditangkap oleh pihak kepolisian setelah membobol lebih dari 1.309 situs, termasuk diantaranya adalah situs

Mahkamah Agung dan Pemprov Jawa Tengah.  Tak hanya di Indonesia, hacker ADC ini juga diduga telah meretas situs dari berbagai negara, seperti Australia, Inggris, hingga Amerika.

6. Jim Geovedi

Nama Jim Geovedi masuk dalam daftar hacker paling berbahaya dunia. Salah satu aksinya yang sempat menggemparkan dunia adalah saat ia berhasil mengubah arah orbit satelit milik Indonesia dan milik Tiongkok. 

Uniknya, Jim memperoleh keterampilan tersebut berdasarkan hasil belajar secara otodidak.   Saat ini, Jim menetap di luar negeri dan telah mendirikan perusahaan jasa sistem keamanan teknologi informasi.

Nah, itulah 6 hacker Indonesia yang kehebatannya diakui dunia. Bagaimana menurutmu?

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 6 Hacker Indonesia yang Kehebatannya Diakui Dunia, Bobol Data Militer Singapura hingga Satelit "

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/6-hacker-indonesia-yang-kehebatannya-diakui-dunia-bobol-data-militer-singapura-hingga-satelit/2.


 

Editor : Sidratul Muntaha
Bagikan Artikel Ini