get app
inews
Aa Read Next : Prokes Kian Kendur, COVID-19 di Sumsel Kembali Naik

Tanpa Pakai Obat Lho! Ini 5 Cara untuk Tingkatkan Imun Tubuh secara Alami

Senin, 15 Agustus 2022 | 07:25 WIB
header img
Olahraga seperti berlari bisa meningkatkan imunitas tanpa menggunakan obat-obatan. (iNewspalembang.id/mushaful imam)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Selama masa pandemi Corona Virus Disease (COVID) 19 menghantam Indonesia, masyarakat terus mencari bagaimana cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas).

Hal utama yang dicari semua orang, tak lain obat-obat medis dari semua yang direferensikan dokter atau multivitamin. Namun, yang harus diperhatikan dari penggunaan obat-obatan tersebut adalah efek sampingnya.

Nah ad acara untuk meningkatkan imunitas tubuh tanpa harus menggunakan obat-obatan atau bisa dilakukan secara alami.

Ada baiknya mencoba cara aman untuk meningkatkan imun tubuh karena tanpa efek samping apapun. 

1. Istirahat cukup

Waktu istirahat bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Dalam sebuah penelitian pada 164 orang dewasa sehat, mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam lebih mungkin terkena flu daripada mereka yang tidur 6 jam atau lebih setiap malam.

2. Olahraga ringan

Cara meningkatkan imun tubuh salah satunya dengan olahraga. Studi menunjukkan satu sesi olahraga ringan dapat meningkatkan efektivitas vaksin, pada orang dengan sistem kekebalan yang terganggu. Contoh olahraga sedang termasuk jalan cepat, bersepeda stabil, joging, berenang, dan hiking ringan. Kebanyakan orang harus melakukan setidaknya 150 menit olahraga sedang per minggu.

3. Kelola stres

Mengelola stres juga cukup penting bagi kesehatan. Sebab emosi tidak terkontrol dan tekanan pekerjaan yang ada bisa memicu stres. Bila stres akhirnya memengaruhi kesehatan tubuh. Bahkan stres jangka panjang meningkatkan peradangan, serta ketidakseimbangan dalam fungsi sel kekebalan.

4. Konsumsi buah 

Bagi pecinta buah ternyata ada yang dapat meningkatkan sistem imun. Buah tersebut di antaranya jeruk, pepaya, kiwi, semangka, alpukat. Selain buah-buahan tropis, kurma medjool juga bisa meningkatkan imunitas.

Kurma mengandung 18 gram karbohidrat dan tiga buah kurma deglet noor mengandung 16 gram. Setengah cangkir kurma menyediakan sekitar 14 persen dari nilai harian untuk kalium, 8 persen untuk magnesium dan 10 persen untuk mangan, juga sumber yang sangat baik untuk vitamin B6, menyediakan sekitar 24 persen dari nilai harian.

5. Makanan mengandung probiotik

Cara meningkatkan imun tubuh dengan makanan fermentasi. Makanan ini kaya akan bakteri menguntungkan disebut probiotik, yang mengisi saluran pencernaan. Makanan ini termasuk yogurt, asinan kubis, kimchi, kefir, dan natto.

Melansir Healthline ada penelitian menunjukkan bahwa jaringan bakteri usus yang berkembang dapat membantu sel-sel kekebalan, membedakan antara sel normal atau sehat dan organisme penyerbu yang berbahaya.



 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut