get app
inews
Aa Read Next : Ini Rekomendasi PB IDI Bagi Pemudik yang Bersiap Tempuh Perjalanan Selama Musim Pancaroba

Sariawan Jangan Anggap Enteng Ya! Ingin Cepat Hilang, Lakukan 4 Cara Ampuh Ini  

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:45 WIB
header img
Ilustrasi sariawan.(iNewspalembang.id/ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Rasanya setiap orang pernah mengalami sakit sariawan. Terlihat tak begitu menyakitkan, namun kadang memunculkan rasa tak nyaman.

Memang, kehadiran sariawan ini tidak terlalu lama, hanya saja kalau tidak segera diatasi bisa membuat nyeri yang berdampak pada hal lain. Apalagi, ketika mengalami sariawan, dapat membuat makan dan berbicara menjadi sulit. Secara umum, sariawan hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua minggu. 

"(Sariawan) bisa terjadi pada siapa saja," kata Erich Voigt, MD, direktur divisi otolaryngology umum di NYU Langone Medical Center, dilansir dari Self, dikutip Sabtu (13/8/2022).

Dia menjelaskan, sariawan bisa berbentuk bulat atau lonjong dengan bagian tengah berwarna putih atau kuning dan tepi berwarna merah.

"Ada banyak pemicu yang berbeda, seperti trauma lokal, menggigit pipi, atau reaksi terhadap makanan tertentu ,” kata Dr Voigt. 

Jika mengalaminya, tentu Anda bertanya-tanya, bagaimana cara mengobati sariawan di lidah? Berikut ulasannya, seperti dirangkum pada Sabtu. 

Anestesi topikal 

Cara mengobati sariawan di lidah bisa dengan menggunakan anastesi topikal. Misalnya saja, seperti benzokain.

Obat kumur 

Menggunakan obat kumur juga bisa menjadi cara mengobati sariawan di lidah yang ampuh. Cobalah obat kumur yang mengandung hidrogen peroksida, klorheksidin atau deksametason. 

Salep 

Penggunaan obat salep juga bisa menjadi cara mengobati sariawan di lidah. Anda bisa menggunakan salep kortikosteroid, seperti fluocinonide, beclomethasone atau hidrokortison hemosuksinat. 

Antibiotik 

Cara mengobati sariawan di lidah urutan terakhir, ada antibiotik. Anda bisa menggunakan antibiotik seperti doksisiklin. Ini biasanya direkomendasikan bagi Anda yang mengalami sariawan berulang. 

Terlepas dari cara mengobati sariawan di lidah, Anda perlu tahu kondisi sariawan di mulut juga bisa mengalami keparahan. Anda disarankan melakukan pengecekan ke dokter bila kondisi seperti: 

1. Sariawan mulai menyebar.

2. Kondisi sariawan luar biasa besar.

3. Sariawan yang dialami bertahan lebih dari dua minggu.

4. Kondisi sudah mengganggu makan, minum atau rutinitas sehari-hari lainnya.

5. Ketika mengalami sariawan, disertai dengan demam tinggi 

"Sakit sariawan biasanya membaik dalam beberapa hari dan borok bisa sembuh dalam waktu dua minggu, bahkan tanpa pengobatan. Jika menderita sariawan yang berlangsung lebih dari dua minggu, jadwalkan janji temu dengan penyedia layanan kesehatan," demikian keterangan yang dilansir dari Cleveland Clinic.



 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut