get app
inews
Aa Read Next : Jadi Lumbung Gol di Piala Asia U-17 2024, Ini Respons Erick Thohir tentang Timnas U-17 Wanita

Sambut FIBA Basketball World Cup 2023, Pembangunan Indonesia Arena Dikebut

Senin, 11 Juli 2022 | 11:45 WIB
header img
Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menpora Zainudin Amali, saat meninjau pembangunan stadion multifungsi Indonesia Arena di Kompleks GBK beberapa waktu lalu. (ist)

JAKARTA, iNews.id – Pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) atau stadion multifungsi bernama Indonesia Arena di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) terus digenjot Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pasalnya, stadion multifungsi tersebut bakal dipakai untuk perhelatan FIBA Basketball World Cup atau Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, bahwa Indonesia Arena yang dibangun sejak Desember 2021 itu secara kontraktual selesai Maret 2023.

“Tetapi akan diselesaikan lebih cepat mudah-mudahan Desember 2022 selesai. Diharapkan dengan pembangunan stadion ini kualitasnya GBK akan lebih baik dan lebih hijau,” ujar Basuki, dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Senin (11/07/2022).

Hingga awal Juli 2022 ini, ungkap Basuki, progres konstruksi stadion sudah mencapai 32 persen atau lebih cepat dari rencana sebesar 3,3 persen. Selain untuk mendukung gelaran Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023, pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana olahraga bola basket ini merupakan bagian dari dukungan pemerintah terhadap pembinaan atlet untuk berprestasi di tingkat internasional.

“Untuk basket pada SEA Games sudah juara, setelah memiliki stadion ini harus lebih ditingkatkan prestasinya. Jadi KPI-nya (indikator kinerja) harus prestasi,” ungkap dia.

Basuki menegaskan, diharapkan stadion yang dibangun dengan biaya APBN dirawat dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk pembinaan prestasi atlet Indonesia.

“Mengapa multifungsi, karena ini bisa untuk konser atau olahraga. Tadi disampaikan teknologinya teleskopik tribun. Ini di tengah kota dengan penghijauan yang lebat dan parkir luas sehingga sudah tepat konsepnya multifungsi untuk bisa membiayai sendiri dalam rangka pemeliharaan,” tandas dia.

Stadion indoor mutifungsi Indonesia Arena dibangun di atas lahan seluas 31.826 meter persegi dan luas tapak bangunan 21.304 meter persegi dengan dengan kapasitas menampung 16.088 penonton.

Secara desain, stadion memiliki 5 lantai dengan fungsi utama sebagai 1 lapangan basket utama dan 2 lapangan latihan. Pembangunan stadion ini dilaksanakan dengan teknologi konstruksi building information modelling (BIM) atau teknologi konstruksi yang berbasis industri 4.0. 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut