Ternyata Ini Alasan Presiden Jokowi Usulkan Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI

Sidra
Jenderal Agus Subiyanto. (iNewspalembang.id/ist)

PENAJAM PASER UTARA, iNewspalembang.id – Nama Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto sudah diusulkan sebagai calon Panglima TNI kepada DPR pekan lalu.

Usulan tersebut dinilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena Jenderal Agus Subiyanto sudah memenuhi semua aspek untuk dicalonkan jadi Panglima TNI.

“Sudah kami sampaikan kurang lebih minggu yang lalu. Beliau ini kan Wakil KSAD, kemudian menjadi KSAD. Kalau melihat jam terbangnya saya kira di teritorial, kemudian di administratif, akademis, semuanya memenuhi,” ujar dia kepada media di area proyek pembangunan Jalan Tol IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023).

Namun, ungkap Jokowi, pihaknya belum memutuskan siapa sosok yang bakal menggantikan Jenderal Agus Subiyanto pada posisi KSAD. Karena masih menunggu persetujuan dari DPR terkait pencalonan Jenderal Agus sebagai Panglima TNI.

“Belum, satu-satu. Ini kan memperoleh persetujuan dari DPR terlebih dahulu, baru setelah ada persetujuan kita berpikir KSAD yang baru,” ungkap dia.

Jenderal Agus Subiyanto sendiri sebelum menjabat sebagai KSAD, merupakan Wakil KSAD. Agus juga tercatat pernah menjabat pada sejumlah posisi, antara lain Pangdam III/Siliwangi, Komandan Paspampres, dan Danrem 061/Surya Kencana.

Presiden Jokowi mengusulkan Jenderal Agus Subiyanto untuk menggantikan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun pada 26 November mendatang.


 

Editor : Sidratul Muntaha

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network