Penyelenggara Batalkan Pertemuan LGBT se-ASEAN di Jakarta, Akhirnya Pilih di Luar Indonesia

Widya Michella
Ilustrasi LGBT. (ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Rencana pertemuan komunitas Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) se-ASEAN di Jakarta berakhir batal.

Hal itu diketahui setelah penyelenggara ASEAN Queer Advocacy Week (AAW) memutuskan pertemuan itu akan dipindahkan ke luar Indonesia.

Memang, beberap hari ini viral di media sosial ASEAN SOGIE Caucus, organisasi yang bermarkas di Filipina ini akan menggelar pertemuan komunitas LGBT se-ASEAN di Jakarta pada 17-21 Juli 2023 mendatang.

Nah melalui keterangannya, Kamis (13/7/2023), penyelenggaran ASEAN Queer Advocacy Week memutuskan untuk merelokasi tempat acara menjadi di luar Indonesia.

Pihak penyelenggara sendiri sudah memonitor terkait situasi dengan sangat teliti termasuk gelombang anti-LGBT di media sosial. Keputusan yang dibuat untuk memastikan keselamatan dan keamanan dari partisipan serta panitia. 

Namun penyelenggara meminta kepada ASEAN dan pemerintah, untuk berdialog dengan kelompok-kelompok yang terpinggirkan. Termasuk mereka yang didiskriminasi berdasarkan orientasi seksual, identitas gender, ekspresi gender, dan karakteristik seks mereka (SOGIESC).

"Visi bersama kami tentang kawasan ASEAN yang inklusif didasarkan pada keberadaan ruang aman bagi masyarakat sipil dan pemegang hak untuk belajar tentang lembaga tersebut, untuk membahas masalah yang penting bagi mereka," ucapnya.

"Lalu untuk secara kolektif menggunakan hak kami untuk secara bebas mengekspresikan pandangan kami tentang bagaimana ASEAN memajukan atau tidak hak asasi masyarakat kita," tulis pihak penyelenggara.

Saat ini akun Instagram @aseansogiecaucus telah diprivat. Sebelumnya, Direktur Intelijen dan Keamanan (Dirintilkam) Polda Metro Jaya, Kombes Hirbak Wahyu Setiawan mengatakan, pihaknya masih menyelidiki informasi tersebut. 

Hirbak mengungkapkan, pihaknya telah menelusuri rencana pertemua itu ke sejumlah hotel di Jakarta. Namun belum menerima informasi secara langsung, hanya dari pamflet yang beredar di media sosial.

“Ya sedang kita cari tahu benar atau enggak. Kita cek di hotel juga enggak Ada, semua acara di hotel juga enggak ada di tempat lain nggak ada,” kata dia, Selasa (11/7/2023).


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Pertemuan LGBT Se-ASEAN di Jakarta Batal, Dipindah ke Luar Indonesia ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/pertemuan-lgbt-se-asean-di-jakarta-batal-dipindah-ke-luar-indonesia/2.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network