Antisipasi Lonjakan Kendaraan Mudik, BBPJN Klaim Kemantapan Jalan Tembus 94.5 Persen

Ate Alam
Kemacetan saat arus mudik (Foto: Dede Kurniawan)


PALEMBANG, iNewspalembang.id - Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) optimis jika kondisi jalan jelang arus mudik lebaran akan sepenuhnya rampung sebelum hari raya Idul Fitri 144H. 

BBPJN mengklaim jika kemantapan jalan nasional di Sumatera Selatan saat ini telah mencapai 94,5 persen. 

Tak hanya itu, diakui Kepala BBPJN Sumsel, Budiamin, kemantapan jalan nasional yang sudah hampir mencapai progres 100 persen, namun kemantapan jembatan juga saat ini sudah mencapai 84,02 persen.

Menurut Budi, jalan nasional di Sumsel memiliki 90 ruas dengan total panjang 1.580,70 kilometer dan jembatan nasional sebanyak 482 unit. Jalan tersebut terbagi di empat jalur di antaranya, jalur Lintas Timur (Jalintim) Sumatera sepanjang 404,96 kilometer dengan kondisi kemantapan telah mencapai 95,38 persen.

Lalu, Jalur Lintas Tengah Sumatera sepanjang 456,59 kilometer dengan kondisi kemantapan 95,90 persen. Jalur Lintas Penghubung dengan total panjang 649,67 kilometer dengan kondisi kemantapan mencapai 92,45 persen.

Sedangkan untuk Jalan Non Lintas atau di dalam kota Palembang panjangnya 69,48 kilometer dengan kondisi kemantapan mencapai 99,14 persen,” kata Budiamin, Kamis (13/4/2032).

Selama arus mudik berlangsung, BBPJN Sumsel  menyediakan 20 posko siaga bencana yang telah dilengkapi dengan personel, material dan alat penanggulangan bencana alam (Disaster Relief Unit, DRU) seperti excavator, crane, dump truck, pikap, dan motor grader sejumlah 134 unit yang tersebar di ke-empat ruas jalur.

Budi mengklaim sejauh ini hampir seluruh pengerjaan di jalan nasional telah selesai. Sehingga, pada saat puncak arus mudik masyarakat dapat melewati jalan itu tanpa takut adanya kerusakan.

“Kami juga sudah mendirikan posko pelayanan yang didalamnya sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang bisa digunakan untuk para pemudik beristirahat," pungkasnya. 

Editor : Andhiko Tungga Alam

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network