Pantau Banjir Bandang di Lahat, Gubernur Sumsel: Alhamdulillah Tidak Ada Korban Jiwa!

sidra
Gubernur Sumsel Herman Deru bersama Bupati Lahat Cik Ujang, saat memantau kondisi Sungai Lematang di Desa Lubuk Sepang, Kecamatan Pulau Pinang, Kamis (9/3/2023). (iNewspalembang.id/tangkap layar)

LAHAT, iNewspalembang.id – Gubernur Sumsel Herman Deru langsung menuju ke Kabupaten Lahat, melihat kondisi banjir bandang akibat meluapnya Sungai Lematang, sejak Kamis (9/3/2023) pagi tadi.

Herman Deru didampingi Bupati Lahat Cik Ujang, memantau kondisi Sungai Lematang di Desa Lubuk Sepang, Kecamatan Pulau Pinang, yang ternyata ada bangunan rumah warga yang ikut hanyut terbawa arus Sungai Lematang.

“Hari ini viral soal banjir di Lahat, ternyata memang betul Sungai Lematang meluap dari Sungai Lim mengalir ke Desa Lubuk Sepang ini. Ada bangunan SD tiga lokal, empat rumah hanyut. Tapi Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, ini yang paling penting,” ujar Herman Deru.

Gubernur Sumsel mengungkapkan, saat terjadi luapan Sungai Lematang ini, warga sekitar cukup sigap. Namun, seluruhh petugas BPBD, TNI dan kepolisiaan diharapkan bisa menangangi apa yang harus diatasi.

Seperti diketahui Sejumlah daerah yang terdampak banjir di Kabupaten Lahat yakni, akses jembatan Lahat - Pagaralam di Desa Tanjung Sirih Kecamatan Pulau Pinang; Jalan menuju Lahat - Pagaralam di Desa Tinggi Ari Kecamatan Gumay Ulu; Desa Keban Agung Kecamatan Mulak Sebingkai; akses jalan Desa Karang Dalam - Tanjung Sirih terputus.

Banyak juga pohon tumbang di jalanan. Belum diketahui berapa jumlah kerugian akibat meluapnya Sungai Lematang tersebut. Namun beberapa bangunan rumah warga dan area sawah milik warga sekitar dari aliran Sungai Lematang ikut terendam.

Hingga saat ini tim gabungan TNI, BPPD dan SAR Kabupaten Lahat masih melakukan pencarian korban tenggelam serta melakukan pendataan kerugian akibat banjir. Tak lupa, petugas mengimbau masyarakat di sepanjang aliran Sungai Lematang agar menjauh dari aliran sungai.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network