Logo Network
Network

Kearifan Lokal Nelayan Sungsang Menjaga Laut

Shaful
.
Sabtu, 10 Desember 2022 | 09:15 WIB

Kearifan Lokal Nelayan Sungsang Menjaga Laut

PALEMBANG, iNewspalembang.id  - Nelayan Sungsang yang melaut dalam waktu yang lama biasanya memanfaatkan pondok di atas laut yang sering disebut tugug/bagan sebagai tempat tinggal sementara. Di bagan ini mereka melakukan berbagai aktivitas mengumpulkan dan mengolah hasil tangkapan melaut seperti ikan, udang, dan kepiting.

Nelayan berada di Desa Sungsang, Kecamatan Banyuasin II, Kabupaten Banyuasin, Sumsel merupakan desa dimana masyarakatnya mayoritas bekerja sebagai nelayan melaut yang merupakan tradisi turun menurun sejak sebelum jaman Kerajaan Sriwijaya. Kampung nelayan yang berada di muara Sungai Musi yang berbatasan langsung dengan Selat Bangka ke laut Cina Selatan yang memiliki hasil perikanan laut melimpah. 

Dengan mengunakan kapal dan peralatan yang turun temurun dipergunakan mereka menangkap ikan di laut.Dengan tetap meneruskan kearifan lokal dalam melaut dapat mendukung program Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang berbasis ekonomi biru untuk menjaga kesehatan ekosistem laut, pemerataan pertumbuhan ekonomi di wilayah pesisir, hingga peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

Editor : Mushaful Imam

Follow Berita iNews Palembang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.