Logo Network
Network

Jembatan dan Sarana Air Bersih di Desa Talang Lubuk Banyuasin Resmi di Buka Presiden XL

Shaful
.
Jum'at, 11 November 2022 | 19:45 WIB

PALEMBANG, iNews.id - Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), Dian Siswarini didampingi Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, Ketua Majelis Taklim XL Axiata, Yanuar Tirta Kumaya, Kepala Desa Talang Lubuk, Sanusi dan tokoh masyarakat setempat meresmikan proyek sarana air bersih dan jembatan Desa Talang Lubuk, Kecamatan Sumber Marga Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Kedua proyek telah siap pakai dan berlokasi di Desa Talang Lubuk, Kecamatan Sumber Marga Telang. Dibangun sejak Desember 2021, proyek ini menggunakan dana dari manajemen dan karyawan XL Axiata. 

Dian Siswarini mengatakan,”Alhamdulillah, sarana air bersih dan jembatan desa telah selesai dibangun untuk kepentingan masyarakat desa dan sekitarnya. Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu realisasi pembangunan kedua wakaf ini. Suatu kebanggan tersendiri bagi manajemen dan karyawan XL Axiata bisa langsung membangunkan fasilitas umum yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Semoga sarana air bersih dan jembatan desa ini membawa manfaat bagi masyarakat Desa Talang Lubuk dan sekitarnya.” Dana wakaf ini berasal dari manajemen dan karyawan XL Axiata untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. XL Axiata berkomitmen untuk terus memperbesar kontribusi kepada masyarakat sebagai wujud kepedulian melalui program-program CSR yang berkelanjutan. 

Jembatan desa ini membentang di atas sungai Desa Talang Lubuk sepanjang 70 meter, menghubungkan Desa Talang Lubuk Dusun 1 dengan Dusun 2, yang bisa memangkas jarak tempuh warga sekitar ke area sekitarnya dalam melaksanakan aktvitas sosial dan ekonomi sehari-hari. Sebagai penyangga, jembatan menggunakan kayu yang berkualitas nomor satu. Proses pembangunan memakan waktu sekitar 8 bulan dan selesai pada Agustus 2022. Sementara sarana air bersih diletakan ditengah pemukiman penduduk dan di Masjid Hidayatullah.

Sementara itu, sarana air bersih juga berada di Desa Talang Lubuk dan sudah lama diharapkan oleh masyarakat setempat. Sumber air permukaan di desa ini sebenarnya melimpah, namun kualitasnya sangat rendah, terlalu tinggi kandungan garamnya sehingga terasa asin dan payau. Sarana air bersih yang dibangun XL Axiata ini menggunakan teknologi filterisasi sehingga menyediakan air bersih yang layak pakai untuk berbagai kebutuhan sehari-hari.

Camat Sumber Marga Telang, Banyuasin, Sumatera Selatan, Hasanul Hak mengatakan “Kami sangat berterima kasih kepada MTXL Axiata dan karyawan XL Axiata atas bantuan dan perhatian yang diberikan kepada desa kami. Keberadaan sarana air bersih dan jembatan ini memang menjadi harapan kami sejak lama. Kami akan memanfaatkannya secara maksimal dan tentu juga merawatnya.” Pada kesempatan yang sama diserahkan paket makanan sehat cegah stunting, dan santunan.

Pada kesempatan yang sama, CEO XL Axiata, Dian Siswarini juga menyempatkan diri mengunjungi BTS yang berada disekitar lokasi acara peresmian. Di Kabupaten Banyuasin XL Axiata memiliki 154 BTS 4G yang menjangkau 303 desa dan 19 kecamatan. Keberadaan layanan data dan telekomunikasi XL Axiata untuk mendukung perekonomian masyarakat setempat yang sebagian besar memiliki profesi sebagai petani dan nelayan. 

Untuk menopang layanan di seluruh wilayah Provinsi Sumatera Selatan, XL Axiata total mengoperasikan lebih dari 4.800 BTS, termasuk sekitar 2.900 BTS 4G. XL Axiata terus berupaya untuk penguatan jaringan akan terus dilakukan sepanjang tahun, baik untuk meningkatkan kualitas sinyal di area yang sudah terlayani, maupun perluasan ke area-area baru. Dari sisi produk, XL Axiata menyediakan paket-paket layanan data melalui kartu XL dan AXIS yang disesuaikan dengan kebutuhan beragam segmen pelanggan. XL Axis juga menyediakan Wifi Desa gratis dibeberapa titik di Desa Talang Lubuk. 

 

Editor : Mushaful Imam

Follow Berita iNews Palembang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.