get app
inews
Aa Read Next : Cegah Gejolak Warga, Pemkab Muba Ingatkan Pengelola Dermaga Batubara di Desa Pulai Gading

Hari Kesehatan Dunia, Pemkab Muba Gelar Operasi Bibir Sumbing dan Celah Langit  

Jum'at, 01 April 2022 | 20:20 WIB
header img
Dalam rangka bakti sosial memperingati hari kesehatan dunia Pemkab Muba  menggelar operasi bibir sumbing dan celah langit gratis, (Foto : Humas Pemkab Muba)

SEKAYU, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu, bekerjasama dengan Smile Train dan Yayasan Ummi Romlah, menggelar operasi bibir sumbing dan celah langit gratis, Jumat (01/04/2022). Kegiatan ini dalam rangka bakti sosial memperingati hari kesehatan dunia.

Ketua I TP PKK Muba, Susy Imelda Beni meninjau langsung kegiatan operasi bibir sumbing dan celah langit. Susy menyambut baik kegiatan ini, karena  memberikan harapan baru bagi anak-anak. Kegiatan ini menjadi jalan keluar bagi masyarakat yang sangat membutuhkan.  

Karena menurutnya, tindakan operasi bibir sumbing tidak ter-cover dalam BPJS, sehingga  pelaksanaan operasi bibir sumbing dan celah langit secara gratis ini sangat membantu.  

"Apalagi anak-anak yang baru saja kita lihat tadi, tentu menjadi harapan yang cerah bagi masa depan anak-anak bangsa ke depannya. Kita berdoa insya Allah tetap dalam keadaan sehat," ucap Susy. 

Sementara itu, Direktur RSUD Sekayu dr Makson Parulian Purba  menyampaikan, giat operasi bibir sumbing dan celah langit gratis ini sudah kedua kalinya digelar.

Mengingat angka kejadian bibir sumbing ini cukup tinggi, dan merupakan penyakit bawaan, yang  tentunya akan mengganggu kesehatan. Karena itu dilakukan operasi berkesinambungan.

"Mentalnya akan terganggu, mulai dari bicara dan makan terganggu.  Kegiatan ini  membantu masyarakat terhadap kelainan bawaan saat hamil," ia menuturkan.

Ia mengungkapkan kasus bibir sumbing ini dapat dikatakan sangat tinggi,  karena   setiap enam bulan ada operasi bibir sumbing, bahkan saat ini ada 10 orang yang operasi. 

"Kenapa sedikit ? karena waktunya singkat, sebelum melakukan operasi bibir sumbing ini harus melalui beberapa screening," ucap dr Makson.

Terpisah, Mustawi salah satu orang tua pasien operasi bibir sumbing atas nama Luki   senang.  anaknya  bisa operasi gratis dan menginap di ruangan baru RSUD Sekayu yang sangat nyaman.

"Terima kasih bapak Plt Bupati Muba Beni dan Direktur RSUD sekayu serta semua pihak yang sudah bekerja sama. Semoga anak kami tidak minder lagi dalam bergaul kedepannya," kata warga Desa Tanjung Agung Utara, Kecamatan Lais ini.

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut