MATARAM, iNews.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) siap menghadirkan layanan 5G guna mensukseskan gelaran balap MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 18-20 Maret 2022. Layanan data dan internet super cepat sudah bisa diakses pelanggan dengan menggunakan smartphone 5G, per 18 Maret 2022. Layanan 5G XL Axiata ini bisa diakses di sejumlah titik di seputar Sirkuit Mandalika dan sepenuhnya gratis tanpa biaya.
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, secara umum upaya XL Axiata menggelar jaringan 5G di Mandalika dikemas dalam dua tujuan, yaitu 5G Experience dan 5G Showcase.
Untuk 5G Experience, menggunakan pita frekuensi 3.5 MHz di sejumlah titik, akses 5G telah disiapkan di seputar sirkuit yang akan menjangkau area VVIP dan beberapa lokasi grandstand kawasan yang menjadi lokasi berkumpulnya penonton balapan, jurnalis dan broadcaster, tim pendukung, serta satuan kerja event MotoGP.
“Uji coba 5G XL Axiata telah kami laksanakan dengan spektrum 3.5GHz menunjukkan hasil memuaskan. Jaringan 5G XL Axiata siap sepenuhnya mendukung MotoGP Mandalika, sekaligus mengenalkan layanan data dan internet super cepat kepada masyarakat, para tamu asing di event internasional ini. Momentum ini sarana bagus untuk kami menambah jam terbang mengelola jaringan 5G,”kata I Gede, dalam rilis yang diterima iNews.id Palembang, Jumat (18/3/2022).
Ia menjelaskan, untuk menikmati layanan 5G Experience XL Axiata, smartphone harus mendukung jaringan seluler generasi kelima di pita frekuensi 3.5 GHz, serta simcard sudah uSIM. Pengunjung dapat merasakan pengalaman 5G yang sesungguhnya, yang menghadirkan keunggulan dibandingkan jaringan 4G diantaranya data rate (kecepatan data) lebih tinggi, latency lebih rendah dan jumlah connection density (kerapatan koneksi) lebih banyak dari 4G.
I Gede menuturkan, ntuk keperluan 5G Showcase, XL Axiata akan menghadirkan beberapa layanan demo atau use case menggunakan pita frekuensi 26 GHz, antara lain 5G immersive games and experience seperti MotoGP AR Game, 360 Degree Real-time Security Surveillance, dan 5G 8K Entertainment.
“Masyarakat dan pelanggan XL Axiata bisa mencoba demo-demo menarik tersebut, di Booth XL Axiata 5G Showcase. Di tempat yang sama, pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan layanan seperti registrasi kartu baru, daftar paket internet, dan informasi mengenai produk XL Axiata,” ucap dia.
Selain di area Mandalika pihaknya juga gencar melakukan peningkatan kualitas jaringan 4G di seluruh penjuru Lombok. Pada jaringan 4G, XL Axiata telah mempersiapkan penambahan kapasitas dan jangkauan jaringan di beberapa titik di sekitar area Mandalika.
Diantaranya penggunaan teknologi terbaru Massive MIMO serta penambahan hingga 9 Mobile BTS (MBTS) pada titik-titik hotspot serta titik-titik akses kawasan. guna memastikan kelancaran aktifitas internet bagi pengunjung, masyarakat serta satuan kerja pada area kawasan.
Layanan XL Axiata telah hadir di 54 kecamatan dan 5 kabupaten/kota di Lombok. Total ada lebih dari 4.000 BTS di seluruh Lombok, dengan 1.700 di antaranya BTS 4G. Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat mengingat saat ini XL Axiata juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Lombok.
Lebih lanjut diterangkannya, untuk sejumlah kawasan wisata paling popular di Lombok, XL Axiata juga secara khusus memastikan kualitas jaringan data. XL Axiata telah menyiapkan 5 BTS 4G di Sembalun, 1 BTS di kawasan Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak, 1 BTS 4G di Pink Beach Lombok Timur, 7 BTS 4G di Gili Trawangan, 1 BTS 4G di Desa Sade,11 BTS 4G di Sengigi, dan 3 BTS 4G di Narmada.
Sementara itu untuk menopang kebutuhan Mataram sebagai kota terbesar dan teramai, XL Axiata mengoperasikan 149 BTS, sedangkan di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid sudah beroperasi 3 BTS 4G dan Pelabuhan Lembar 2 BTS 4G.
Saat ini jaringan XL Axiata untuk area NTB ditopang lebih dari 5.700 BTS, termasuk lebih dari 2.200 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan XL Axiata terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan dan berbagai upgrade jaringan lainnya.
Hal ini untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.
Selain menyiapkan jaringan di seluruh Lombok, XL Axiata juga telah menyiapkan sejumlah pilihan produk yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mendukung produktivitas mereka.
Saat ini tersedia promo produk yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan dan masyarakat di Lombok untuk mengakses layanan data di jaringan 4,5G, yaitu kartu perdana internet XL Xtra Combo Flex mulai 2,5 GB - 56 GB 30 hari.
Lalu, ada juga kartu perdana internet AXIS mulai dari 1,5 GB - 22 GB dengan Bonus Tiktok 30 GB, Unlimited Game, Whatsapp, Line, Gojek, Grab, Facebook, Instagram, Google maps, Conference & Education untuk mendukung pembelajaran online dan bekerja dari rumah.
Terdapat pula GRATIS pilihan paket Unlimited YouTube, Netflix, Vidio, Viu & Iflix khusus bagi pelanggan yang membeli paket XL Xtra Combo Flex 40Gb ke atas.
Masyarakat dan pelanggan bisa mendapatkan produk XL Axiata, baik XL maupun AXIS, di toko-toko pulsa yang menyediakan produk XL Axiata. Toko-toko tersebut tersebar hingga ke wilayah kecamatan dan desa-desa yang sudah terjangkau layanan XL Axiata.
Untuk diketahui, saat ini XL Axiata memiliki lebih dari 57,9 juta pelanggan, yang diperkuat lebih dari 162 ribu BTS, termasuk lebih dari 77 ribu BTS 4G.
Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.
XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.
Editor : Agustian Pratama