get app
inews
Aa Read Next : Bicara Tentang Pencalonan Bupati Muba, Beni Hernedi Sebut Ada Hal yang Terus Terngiang-ngiang

BPK Sumsel Nilai Laporan Keuangan Muba On Track

Jum'at, 11 Maret 2022 | 19:04 WIB
header img
BPK Perwakilan Sumsel menyatakan Laporan Hasil Pemeriksaaan atas Laporan Keuangan Pemkab Muba Tahun Anggaran 2021 sudah di jalur tepat atau on track.

PALEMBANG, iNews.id -  Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumsel menyatakan Laporan Hasil Pemeriksaaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) Tahun Anggaran 2021 sudah di jalur  tepat atau on track.

Hal ini diungkapkan Pelaksana Harian (Plh) Kepala BPK Perwakilan Sumsel, Acep Mulyadi saat menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaaan atas Laporan Keuangan Pemkab Muba Tahun Anggaran 2021, Jumat (11/3/2022) di Kantor BPK Perwakilan Sumsel.

"Laporan-laporan yang diberikan dan dilakukan sudah sangat on track. Tetap semangat dan komitmen dalam penyampaian laporan keuangan yang transparan dan akuntabel," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala BPK Perwakilan Sumsel, Acep Mulyadi.

Ia mengungkapkan, saat ini masih sering terjadi kesalahpahaman seakan Pemerintahan yang mendapatkan Opini WTP itu, tidak memiliki permasalahan dalam pelaporan keuangan. "Ini sering terjadi, tentu pandangan ini salah, yang harus terus digencarkan itu yakni laporan yang on track,"  Acep menuturkan.

Kepala BPK Sumsel menerangkan, dalam penyerahan LHP ini Tahun Anggaran 2021, Pemkab Muba mendapat Opini Wajar Dengan Pengecualian. Ia menegaskan,  BPKAD dan Inspektorat Muba sudah bekerja dengan maksimal dan baik, bahkan pada LKPD Tahun 2021 Muba menjadi kabupaten tercepat di Indonesia dalam penyampaian LKPD TA 2021.

Sementara itu, Plt Bupati Muba Beni Hernedi  mengatakan, rangkaian kegiatan menerima LHP atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Tahun Anggaran 2021,  merupakan rangkaian kegiatan yang sangat penting.

"Ini akan menjadi bahan evaluasi ke depan, agar  pengelolaan keuangan di Pemkab Muba lebih maksimal dan lebih baik lagi," ucap Beni.

Ketua PMI Muba ini meminta maaf jika selama 45 hari berada di  Muba,  tim pemeriksa BPK Perwakilan Sumsel  mendapati kekurangan. “Kerja maksimal tim pemeriksa sangat kami apresiasi," ia menyampaikan.

Menurut Beni, Pemkab Muba akan terus semangat menjalankan Pemerintahan yang baik (good government), dan akan terus berbenah menjalankan Pemerintahan yang baik serta melakukan perubahan-perubahan positif.

“Mohon selalu arahan dan pendampingan dari BPK Perwakilan Sumsel,"  Beni memungkasi.

Sedangkan, Ketua DPRD Muba, Sugondo berterima kasih kepada BPK Perwakilan Sumsel terkhusus kepada segenap tim pemeriksa BPK Sumsel. Ia berharap Muba selalu berkomitmen dalam penyampaian Keuangan yang akuntabel dan transparan.

“Ini semata-mata demi kontribusi positif untuk warga masyarakat Muba," Sugondo menuturkan.

 

Ia menambahkan, dengan diterimanya LHP Tahun Anggaran 2021 ini, akan menjadi bahan evaluasi Pemkab Muba untuk mengelola keuangan negara. "Semoga Pemkab Muba segera menindaklanjuti rekomendasi LHP yang telah diserahkan BPK Perwakilan Sumsel," ia berpesan.

Editor : Agustian Pratama

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut