get app
inews
Aa Read Next : Kubu HDCU Klaim Sebulan Jelang Pilkada Gubernur Sumsel 2024, Herman Deru Diserang Kampanye Hitam

Survei Konsepindo: Elektabilitas HDCU Melejit, Unggul Hampir di Semua Wilayah

Minggu, 27 Oktober 2024 | 17:15 WIB
header img
Founder Lembaga Survei Konsep Indonesia, Veri Muklis Arifuzaman (kiri) saat menjelaskan hasil survei yang dilakukan lembaganya kepada media di Palembang, Minggu (27/10/2024). (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id - Hasil survei Lembaga Konsep Indonesia (Konsepindo), tren elektabilitas pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Sumsel nomor urut 01, Herman Deru - Cik Ujang (HDCU) terus melejit. 

Elektabilitas HDCU per April 2024 masih diangka  59,2%. Namun pada Oktober 2024 ini sudah mencapai 71,7%.

"Elektabilitas Mawardi Yahya  juga naik tapi tidak signifikan. Pada April 2024, elektabilitas Mawardi yang masih dipasangkan dengan Harnojoyo diangka 14,7 persen. Kemudian hasil survei per Oktober 2024 dengan Anita Noeringhati, elektabilitas pasangan ini hanya 17,3 persen," ujar Founder Konsepindo, Veri Muklis Arifuzaman kepada media di Palembang, Minggu (27/10/2024). 

Veri mengatakan, tingginya elektabilitas HDCU tak terlepas dari keunggulannya hampir di semua wilayah di Sumsel. Hanya di Ogan Ilir, pasangan HDCU kalah dari Mawardi - Anita. Itupun selisihnya tidak terlalu mencolok. 

"Kalau dibedah per wilayah, maka Herman Deru - Cik Ujang hampir menguasai semua wilayah. Yang kalah hanya di Ogan Ilir, itu juga selisihnya hanya 5 persen dengan Mawardi-Anita. Kemudian yang ketat di Lubuk Linggau dan Prabumulih," kata dia.

Veri menjelaskan, dengan tren elektabilitas HDCU yang terus melejit dan kemenangan hampir di semua wilayah membuat pasangan HDCU hampir dipastikan akan keluar sebagai pemenang. 

"Meski di Ogan Ilir kalah, itu tidak akan terlalu berpengaruh untuk HDCU. Apalagi di wilayah-wilayah dengan DPT terbanyak, hampir semuanya HDCU Unggul telak seperti Palembang, Banyuasin, OKI, OKU Timur dan Muba," jelas dia.

Veri menyebut, tidak hanya Herman Deru yang unggul, cawagubnya yakni Cik Ujang juga unggul telak dari cawagub lainnya. Elektabilitas Cik Ujang mencapai 52,5%. Sementara Anita Noeringhati 14,2% dan Riezky Aprilia 3,7%.

"Dengan capaian ini, dari sisi statistik (HDCU) cukup sulit dikejar pasangan lain. Sehingga pemenang Pilgub Sumsel sudah bisa diteropong sejak satu bulan sebelum hari pencoblosan," ungkap dia.

Cukup tingginya elektabilitas pasangan HDCU, ungkap Veri, muncul dari tingkat kepuasan masyarakat responden yang bertahan cukup tinggi. Dia menilai, HDCU mampu menjaga ritme, selain mampu juga mengeliminir isu-isu negatif yang dihembuskan lawan politik, serta terus rutin melakukan agenda turun langsung ke masyarakat.

"Politik itu dinamis tidak ada yg fix, namun secara matematis atau statistik, pencapaian ini sulit atau berat untuk dikejar paslon lain," ungkap dia. 

Di tempat yang sama, Peneliti Utama Konsepindo, Budiyana menuturkan, Survei Perilaku Pemilih Provinsi Sumsel, terkait kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel 2024, dilakukan Konsepindo pada periode 4-10 Oktober 2024.

Survei ini dilakukan melalui tatap muka secara langsung. Dengan jumlah sampel sebanyak 800 responden. Margin of error survei ini sekitar 3,5% dan tingkat kepercayaan survei mencapai 95%.

"Berdasarkan temuan survei kami per Oktober 2024, elektabilitas HDCU tembus 71,7 persen. Sementara Mawardi Yahya - Anita Noeringhati 17,3 persen dan Eddy Santana Putra - Riezky Aprilia hanya 6,2 persen," tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut