get app
inews
Aa Read Next : Respons Santai Herman Deru, Usai Ditinggalkan Mawardi Yahya pada Pilgub Sumsel 2024

KSAD Dudung Minta Mahasiswa UNSRI Jaga Nilai Luhur Pancasila

Senin, 07 Maret 2022 | 19:52 WIB
header img
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman  meminta mahasiswa khususnya di Universitas Sriwijaya (UNSRI), menjaga nilai karakter bangsa dan nilai luhur pancasila.

PALEMBANG, iNews.id - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman  meminta mahasiswa khususnya di Universitas Sriwijaya (UNSRI), menjaga nilai karakter bangsa dan nilai luhur pancasila.

Demikian dikatakan Jenderal Dudung saat kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk memberikan kuliah umum dihadapan para mahasiswa  Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya, Senin (7/3/2022) siang.  

 

Kuliah umum ketahanan nasional yang mengusung  tema “Penguatan Karakter Bangsa dalam implementasi kampus merdeka” ini, dibuka  Wagub  Sumsel Mawardi Yahya.

 

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam kuliah umumnya menyampaikan, kedatangannya ke sejumlah perguruan tinggi  di seluruh Indonesia, guna  memberikan pencerahan  pemikiran kepada para mahasiswa-mahasiswi sebagai penerima tongkat estafet pembangunan bangsa ini ke depan.

 

Apalagi berdasarkan data  penggunaan internet di Indonesia, dari 196,7 juta pengguna , sebanyak 145,4 juta pengguna diantaranya merupakan generasi z dan milenial. 

 

“Pesatnya penggunaan Internet berdampak pada berkembangnya berita bohong menggunakan platform media. Mempengaruhi opini masyarakat yang digunakan untuk kepentingan kelompok tertentu,” kata KSAD Dudung.

 

Dudung mengakui, sekarang kebohongan dapat menjadi kebenaran dengan memainkan emosi dan perasaan, kelompok ini menggunakan medsos didanai pihak pemecah belah. 

 

“Indeks kerentanan pada tahun 2021 terjadi konflik berkepanjangan dibanyak negara. Indonesia menduduki peringkat 99 dari 179 negara,” ia mengungkapkan. 

 

Dudung menguraikan, semangat para pendiri bangsa dalam menyusun dasar negara tidaklah mudah. Terlebih ancaman ke depan dihadapi bangsa ini   lebih kompleks. Persatuan dan kesatuan  terus diuji  termasuk  ancaman internal. Karena itu karakter bangsa Indonesia dapat digunakan  dalam  menghadapi ancaman internal tersebut. 

 

“Peran mahasiswa memperkuat karakter bangsa, selaku  agen perubahan, menjaga nilai karakter bangsa. Mahasiswa sebagai garda terdepan dalam menjaga nilai-nilai luhur  Pancasila," ucap Dudung.

 

Mahasiswa juga dinilainya sebagai pemersatu bangsa, yang  memiliki kontrol sosial terhadap masyarakat berbangsa dan bernegara.

 

Sementara itu Wagub  Sumsel Mawardi Yahya mengapresiasi kuliah umum dengan menghadirkan KSAD Dudung Abdurachman sebagai pemateri, yang sejalan dengan fungsi pendidikan nasional membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat. 

 

Wagub menyampaikan, Sumsel terdiri dari  17 Kabupaten/kota yang tidak pernah terjadi konflik, bahkan Sumsel  dinyatakan sebagai provinsi yang zero konflik. 

 

“Alhamdulillah Sumsel zero konflik, ini tidak lain karena koordinasi  yang baik kalangan Forkopimda  guna  menjaga situasi  yang   kondusif,” Mawardi memaparkan.

 

Wagub berharap para mahasiswa menyiapkan diri  menyongsong  masa  depan, termasuk mampu menyelesaikan permasalahan bangsa dan konflik yang kemungkinan terjadi,” ucap Wagub.

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut