get app
inews
Aa Read Next : Kampanye di Pantai Timur, Muchendi Ingatkan Kordes Berpolitik Santun dan Tak Mudah Termakan Isu

Muncul Foto Ketua Bawaslu dan Cawabup OKI di Medsos, AMSI Sumsel Sebut Konten Hoaks yang Bikin Gaduh

Jum'at, 11 Oktober 2024 | 08:25 WIB
header img
Penampakan foto Ketua Bawaslu OKI dan Cawabup OKI dan sejumlah wartawan, yang diposting pada 17 September 2019 lalu, kembali di posting ulang oleh netizan. (iNewspalembang.id/ist)

KAYUAGUNG, iNewspalembang.id – Media sosial (medsos) menjadi lahan subur bagi semua informasi hoaks, feaknews (berita palsu) pada masa Pilkada Serentak 2024 ini.

Seperti yang terjadi pada gelaran Pilkada OKI 2024, yang beberapa hari ini netizen memunculkan beragam komentar saat muncul foto Ketua Bawaslu OKI, Romi Maradona dengan salah satu Calon Wakil Bupati (Cawabup) OKI, Abdiyanto Fikri.

Tak hanya mereka berdua, dalam foto yang diposting beberapa hari itu juga ada Darfian Mahar Jaya Suprana Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten OKI dan Ketua PWI OKI Idham Syarief.

Menanggapi dinamika itu, Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sumsel, Ardhy Fitriansyah menilai, konten yang disebar itu masuk sebagai salah satu jenis berita hoaks yakni false context atau konten yang keliru.

Foto itu, sambung dia, memang benar adanya, namun kejadian itu ditulis ulang dan tidak disesuaikan dengan fakta sebenarnya atau kejadian saat ini.

“Kita sudah melakukan penelusuran dan memang benar foto tersebut diambil pada tahun 2019 silam yang diposting oleh Akun Facebook atas nama Darfian Maharjaya,” ujar dia.

Kepada seluruh awak media, tegas Ardhy, sebaiknya bisa melakukan kroscek ulang informasi yang didapat.

“Cek dulu kebenarannya terlebih dahulu, jangan sampai membuat kegaduhan apalagi jelang Pilkada seperti saat ini, terlebih kita di Sumsel ini dikenal dengan zero konflik,” kata dia.

Ketua IWO Kabupaten OKI, Darfian Mahar Jaya Suprana mengungkapkan, munculnya foto Ketua Bawaslu OKI dan Cawabup Abdiyanto itu dari hasil dari re-post (posting ulang) yang diambil dari akun Facebook miliknya.

“Memang foto itu saya posting pada 17 September 2019, sehari sebelum pelantikan Pak Abdiyanto sebagai Ketua DPRD OKI terpilih,” ungkap dia.

Darfian melanjutkan, dalam foto itu juga ada beberapa wartawan yang hadir, diantaranya Idham Syarief yang saat ini menjabat sebagai Ketua PWI OKI. Ketika foto itu di postingnya, Romi Maradona masih berprofesi sebagai jurnalis dan jelas belum menjadi Ketua Bawaslu.

“Saya bersama rekan-rekan seprofesi saat itu diundang oleh Pak Abdiyanto untuk melakukan peliputan pelantikan beliau sebagai Ketua DPRD OKI. Tentu sangat miris ketika foto itu beredar seolah-olah Ketua Bawaslu tidak netral, padahal itu foto lama yang diambil kemudian diposting ulang,” keluh dia.

Sementara, Ketua PWI OKI, Idham Syarief, juga menuturkan hal yang sama terkait foto yang muncul dan ada dirinya. Foto tersebut, tutur dia, sudah lima tahun lalu dan masih menjabat sebagai sekretaris PWI OKI.

Idham melanjutkan, hadir pada pertemuan itu malam menjelang pelantikan Abdiyanto yang akan dilantik sebagai anggota DPRD OKI periode 2019 - 2024.

“Itu sudah lama, saya juga menjabat ketua Komunitas Mobil Timor er Sriwijaya OKI yang akan mengikuti arak-arakan pelantikan, bersama komunitas motor trail menuju gedung DPRD OKI,” tutur dia.

Pria yang akrab disapa Ata ini berharap, agar masyarakat khususnya di Kabupaten OKI selalu bisa menyaring informasi terutama dari media sosial, terlebih ini tahun politik.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut