get app
inews
Aa Read Next : Ini Alasan Khusus Mengapa Tokoh Masyarakat Muba Beri Dukungan untuk Herman Deru

Beni Hernedi Hadiri Peringatan Nyepi, Sekaligus Serap Aspirasi

Kamis, 03 Maret 2022 | 08:48 WIB
header img
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Desa Suka Maju Kecamatan Plakat Tinggi untuk menyerap aspirasi, sekaligus menghadiri Peringatan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1944, Kamis (3/3/2022).

PLAKAT TINGGI, iNews.id - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Desa Suka Maju Kecamatan Plakat Tinggi untuk menyerap aspirasi, sekaligus menghadiri Peringatan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1944, Kamis (3/3/2022).

 

Kunjungan Beni bertempat di Pure Buana Sakti Desa Suka Maju, Beni bersama masyarakat melakukan kegiatan seremonial menyambut Hari Raya Nyepi yang bertema “Mari Tingkatkan Sradha dan Bhakti Kita Agar Terciptanya Kesucian Diri dan Alam Semesta Menuju Kehidupan yang Shanti”.

 

Beni mengatakan hal wajar dan biasa seorang pemimpin daerah bersilaturahmi dengan masyarakat, tak terkecuali Pemerintah Kabupaten Muba terutama mengingat Bumi Serasan Sekate dengan luasannya memiliki masyarakat yang beraneka ragam suku, adat dan keyakinan.

 

"Kehadiran kami wajib dilakukan, untuk mengayomi masyarakat sekaligus memberi contoh menanamkan sifat toleransi, dan menghormati antar umat beragama di Kabupaten Muba," kata Beni.

 

Selain bersilaturahmi, ia menyampaikan kehadirannya bersama jajaran Pemkab Muba ke Desa Suka Muba ingin mengetahui kondisi masyarakat di desa tersebut yang akan melakukan puasa

selama 24 jam bagi Umat Hindu di Hari Raya Nyepi.

 

"Kesempatan ini juga ingin menyaksikan langsung kondisi di desa-desa untuk dijadikan pertimbangan, dalam mengambil kebijakan pembangunan dengan apa yang dibutuhkan masyarakat," ucap Beni.

 

Sementara itu, Ketua Adat Kecamatan Plakat Tinggi Wayan Gena berterima kasih kepada Plt Bupati Muba yang melakukan kunjungan kerja, mengayomi masyarakat terutama warga Desa Suka Maju bertepatan umat Hindu di desa itu akan Merayakan Hari Raya Nyepi.

 

"Kami tidak henti-hentinya bersyukur, dari awal kedatangan ke Muba pada tahun 1982 melalui program transmigrasi, saat ini sudah mencapai 35 KK. Mudah-mudahan kegiatan kami ini bisa selalu membawa keberkahan untuk kita semua. Kita terus menjalankan toleransi beragama, saling menjunjung tinggi keharmonisan untuk kita tanamkan ke generasi yang akan datang," kata Wayan Gena.

 

Ia menerangkan, menyambut Perayaan Hari Raya Nyepi, warga Desa Suka Maju melakukan pembersihan sumber air dan sedekah bumi.

"Untuk penutupan besok menjelang puasa selama 24 jam, kami sudah berkoordinasi serta didukung pemerintah kecamatan, desa dan Polsek Plakat Tinggi. Pukul 05.00 WIB kita sudah mulai. Tanpa dukungan dari Pemerintah Kabupaten Muba kegiatan ini tidak akan berjalan dengan baik, untuk itu kami ucapkan terimakasih dan izinkan kami menjalankannya dengan tenang," Wayan Gena menuturkan.

 

Menurutnya, terkhusus di Desa Suka Maju, ada beberapa kendala yang dihadapi masyarakat yang perlu diperhatikan Pemkab Muba diantaranya perbaikan jalan, dan jembatan.

"Mudah-mudahan ke depannya dapat diteruskan pembangunan dengan apa yang menjadi angan-angan kami," ujar Wayan.

 

Sedangkan, Wakil Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Wayan Aryawan juga berterima kasih kunjungan Plt Bupati Muba dan silaturahmi dengan Umat Hindu Desa Suka Maju. "Inilah yang kami harapkan, pemimpin yang menyentuh ke umat kami," ucap dia.

 

Ia mengungkapkan, umat Hindu di Muba saat ini kurang lebih 7.000 jiwa yang sudah terdaftar di (PHDI ) dan tersebar dibeberapa kecamatan, umat Hindu Muba tetap saling menghormati antar umat beragama.

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut