get app
inews
Aa Read Next : Tim SAR Gabungan Temukan Bocah Asal Palembang yang Tenggelam di Sungai Musi

Anak SD di Lahat Hilang Terseret Arus Sungai Lematang, SAR Palembang Langsung Terjunkan Tim Rescue

Selasa, 10 September 2024 | 11:05 WIB
header img
Tim SAR Palembang bersama tim rescue Pos SAR Pagaralam saat melakukan pencarian anak SD yang hilang terbawa arus Sungai Lematang di Desa Tanjung Telang, Selasa (10/9/2024). (iNewspalembang.id/ist)

LAHAT, iNewspalembang.id – Kantor SAR Palembang menurunkan satu tim rescue di Pos SAR Pagaralam, untuk menindaklanjuti adanya laporan anak SD yang tenggelam di Sungai Lematang di wilayah Desa Tanjung Telang, Kecamatan Merapi Barat, Senin (9/9/2024).

Kepala Kantor SAR Palembang, Raymond Konstantin, SE menyatakan, pihaknya mendapat laporan ada yang tenggelam di Sungai Lematang dan korban tersebut pelajar SDN 5 Desa Tanjung Telang, bernama Taufik (10).

“Kmi mendapat informasi kejadian Senin (9/9/2024) sekitar pukul 19.30 WIB. Menindaklanjuti informasi ini, saya perintahkan satu tim rescue yang berada Pos SAR Pagaralam untuk berangkat menuju lokasi kejadian guna melakukan pencarian terhadap korban,” ujar dia, Selasa (10/9/2024).

Raymond mengatakan, pihaknya menggunakan metode pencarian dengan membagi Tim SAR Gabungan menjadi Dua Search and Rescue Unit (SRU). SRU 1 melakukan pencarian dengan penyisiran permukaan air dan melakukan circle menggunakan perahu karet dengan radius pencarian hingga 10 KM².

Kemudian SRU 2, jika dimungkinkan akan melakukan penyelaman serta penyebaran informasi kepada masyarakat yang berada disepanjang pesisir sungai lematang.

“Selama operasi SAR berjalan, juga melibatkan unsur SAR dari Kantor SAR Palembang Pos SAR Pagaralam, TNI/Polri, BPBD Lahat, Damkar Lahat, Rescue PT Cipta kridatama dan Masyarakat,” kata dia.

Raymond mengungkapkan, kronologi kejadiannya dari informasi yang didapat bahwa pada Senin (9/9/2024) sekitar pukul 15.00 WIB, korban bersama satu temannya mandi dan berenang di pinggir sungai lematang.

“Saat sedang berenang tiba-tiba korban terseret arus sungai. Salah satu warga yang melihat mencoba untuk menolong korban namun dikarenakan derasnya arus sungai sehingga membuat korban seketika hilang tenggelam,” tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut