get app
inews
Aa Read Next : Jadi Tuan Rumah Invest Id, Kemenparekraf Sebut Sumsel Bakal Didatangi Investor Asal Tiongkok

Ini Alasan Anggota DPRD Kabupaten dan Kota Terpilih se Sumsel Diminta Bisa Stabilkan Harga Beras

Selasa, 03 September 2024 | 12:45 WIB
header img
Anggota DPRD kabupaten dan kota se-Sumsel saat mengikuti bimtek orientasi, di The Zuri Hotel Palembang, Selasa (3/9/2024). (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Anggota DPRD kabupaten dan kota terpilih se-Sumsel diminta untuk berkolaborasi dengan pemerintah setempat, agar bisa menstabilkan harga beras.

Permintaan tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel, Elen Setiadi, pada pembukaan bimbingan teknis (bimtek) orientasi anggota DPRD kabupaten/kota se-Sumsel, di The Zuri Hotel Palembang, Selasa (3/9/2024).

“Karena beras menjadi salah satu penyebab terjadinya inflasi di Sumsel selain emas, dan alat kecantikan (skin care). Jadi, saya minta para anggota DPRD kabupaten/kota terpilih yang hari ini berkesempatan mengikuti bimtek orientasi, agar bisa berkolaborasi bersama kepala daerah untuk bisa menstabilkan harga beras," ujar dia. 

Elen mengatakan, para anggota DPRD kabupaten/kota juga agar bisa mendorong terjadinya kestabilan harga beras dan meminta pemerintah kabupaten/kota untuk bekerjasama dengan Bulog, utamanya dalam menyalurkan beras bagi ASN.

Satu sisi, sambung Elen, pihaknya berhasil menekan inflasi, namun disisi lain belum bisa menurunkan angka kemiskinan. Karena tingkat kemiskinan Sumsel 2% di atas angka nasional.

“Jadi, menjadi perhatian kami agar bapak/ibu yang ikut orientasi hari ini bisa memanfaatkan kesempatan yang baik ini, hingga ilmu yang didapat digunakan membantu pemerintah untuk menurunkan angka kemiskinan,” kata dia.

Elen mengungkapkan, bahwa pertumbuhan ekonomi di Sumsel sejauh ini cukup baik. Pada Agustus mengalami 0,19% deflasi lebih tinggi dari dari deflasi nasional. Sedangkan inflasi month to month 1,8% di bawah nasional. 

"Artinya, setidaknya kita mampu mengendalikan ketersediaan barang dan jasa dengan baik. Namun demikian tantangan terberat di 6 kabupaten/kota masih tinggi,” ungkap dia.

Kemudian, jelas Elen, bahwa tujuan para anggota DPRD kabupaten/kota yang terpilih adalah membangun wilayah masing-masing bersama para kepala daerah sehingga mampu mensejahterakan masyarakat setempat.

“Bila berhasil, saya yakin, Insya Allah bapak dan bu bisa terpilih kembali, atau mungkin dapat mengikuti kontestasi kepala daerah,” jelas dia.

Sementara, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Sumsel, Prof Dr M Edwar Juliartha, SSos, MM menuturkan,a momen ini untuk mengenalkan tupoksi anggota DPRD sebagai unsur pemerintah daerah, serta meningkatkan semangat patriotisme dan kebangsaan.

Kegiatan ini diikuti 218 anggota DPRD kabulaten/kota dari 3 angkatan. Angkatan pertama dari Kabupaten OKU  35 orang, dan OKU Selatan 40 orang. Angkatan kedua OKU Timur 45 orang, Kota Pagaralam 24 orang. Lalu, angkatan ketiga dari Kabupaten Empat Lawang 34 orang dan Lahat 49 orang.

“Angkatan selanjutnya akan mengikuti orientasi sesuai jadwal masing-masing, di mana total peserta keseluruhan sebanyak 645 orang, yang dibagi menjadi 12 angkatan,” tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut