get app
inews
Aa Read Next : Lembaga Pemantau Pemilu Kesulitan Registrasi, Sebut Kantor KPU Banyuasin Sering Tutup

Polda Sumsel Siapkan Personel Pilihan Antisipasi Gejolak Pilkada Serentak 2024 dan Karhutla

Sabtu, 27 Juli 2024 | 14:25 WIB
header img
Personel kepolisian saat mengikuti pelatihan antisipasi karhutla dan Pilkada Serentak 2024 di JSC, Palembang, Sabtu (27/7/2024). (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 menjadi perhatian dan agenda penting bagi pemerintah dan Polda Sumsel.

Terkait Pilkada Serentak 2024, Polda Sumsel sudah mengantisipasi dengan pelatihan dan pengawalan VIP calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) dalam Operasi Praja Musi 2024, serta pelatihan penanganan karhutla.

Wakapolda Sumsel, Brigjen Zulkarnain menyampaikan, personel yang ditugaskan pada pengamanan VIP memiliki kemampuan dan kesiapan sehingga nanti calon kepala daerah dan wakil kepala daerah merasa aman.

“Hari ini kita cek kemampuan personel, kesiapan, peralatan dan hubungan dengan instansi terkait. Sehingga pada saat melakukan pengawalan mereka telah siap," ujar dia, saat menutup pelatihan selama dua hari sejak 24 - 26 Juli 2024 di Jakabaring Sport City (JCS) Palembang, Sabtu (26/7/2024)

Zulkarnain mengatakan, bahwa pelatihan ini diikuti ratusan personel baik dari Polri, TNI dan instansi terkait lainnya. Untuk penanggulangan karhutla, pihaknya bersama instansi terkait telah melatih anggotanya untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

“Wilayah Sumsel ini sangat luas dan banyak lahan gambut. Oleh karena itu, personel telah dipersiapkan bila ada api langsung segera melakukan pemadaman,” kata dia.

Pelatihan ini, ungkap Zulkarnain, agar personel yang tidak tahu atau belum mengenal peralatan bisa mengoperasikan. Karena, anggota Manggala telah melatih personel Polri dan TNI, sehingga di lapangan nanti bisa mengunakan peralatan ini.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut