get app
inews
Aa Read Next : Prabowo Subianto Sentil Biaya UKT Makin Mahal: Universitas Negeri kalau Bisa Gratis

Prabowo Subianto Sebut One Map Policy Bisa Ciptakan Efisiensi Ruang dan Percepatan Pembangunan

Jum'at, 19 Juli 2024 | 09:35 WIB
header img
Geoportal Kebijakan Satu Peta 2.0 dan White Paper OMP Beyond 2024 resmi diluncurkan pemerintah di St Regis Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (18/07/2024). (iNewspalembang.id/ Humas Setkab/Djay)

JAKARTA, iNewspalembang.id - Geoportal Kebijakan Satu Peta 2.0 dan White Paper One Map Policy (OMP) Beyond 2024 serta Penyampaian Hasil Capaian PSN dan KEK, resmi diluncurkan pemerintah di The St Regis, Jakarta, Kamis (18/07/2024).

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, Geoportal Kebijakan Satu Peta ini diharapkan bisa menciptakan efisiensi ruang dan percepatan pembangunan.

One Map Policy ini diharap menciptakan suatu efisiensi dan tidak terjadinya tumpang tindih pemanfaatan ruangan, sehingga proses pembangunan bisa cepat,” ujar dia.

Prabowo mengatakan, kecepatan sangat dibutuhkan untuk menjalankan pemerintahan yang efektif. Kemudian, di tengah persaingan dan ketidakpastian global, pemerintah harus mampu memberikan kepastian dan iklim usaha yang efisien untuk meraih investasi.

“Kita butuh investasi, untuk itu, kita perlu iklim yang baik, untuk itu, kita perlu governance yang baik. Kebijakan satu peta ini ternyata dalam waktu singkat telah berhasil menurunkan tumpang tindih pemanfaatan ruangan,” kata dia.

Presiden terpilih pada Pilpres 2024 itu menekankan, pentingnya efisiensi dalam mengelola potensi dan sumber daya yang dimiliki. Pemerintah juga perlu memprioritaskan kebijakan-kebijakan yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

Prabowo sangat optimis, dengan kekayaan Indonesia dan potensi yang sangat besar, namun memang harus lebih efisien dan harus kelola dengan baik.

“Ambil kebijakan yang masuk akal ya, dan kita bertekad untuk mitigasi kebocoran, mitigasi penyelewengan, mitigasi kebijakan-kebijakan yang tidak menguntungkan kepentingan nasional dan kepentingan rakyat,” ungkap dia.

Kehadiran program-program digital dalam berbagai bidang ini, jelas Prabowo, sangat penting untuk menciptakan efektivitas dalam pemerintahan dan percepatan pembangunan nasional.

“Program-program seperti one map policy, dengan e-katalog, dengan teknologi di semua bidang, sangat mungkin untuk mengurangi ketidakefisienan.

“Saya yakin dan percaya bahwa kebijakan-kebijakan seperti ini akan membuah hasil. Dengan tadi kawasan-kawasan ekonomi khusus dan program-program proyek strategis nasional kita bisa mempercepat pembangunan,” tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut