get app
inews
Aa Read Next : Terobosan dan Inovasi Gerakan Serentak Pj Gubernur Agus Fatoni untuk Sumsel

Jabatan Pj Gubernur Disebut Tugas Perdana dari Mendagri, Elen Setiadi Bakal Lakukan Ini untuk Sumsel

Rabu, 26 Juni 2024 | 09:45 WIB
header img
Pj Gubernur Sumsel, Elen Setiadi saat memberikan keterangan pers usai acara pisah sambut di Griya Agung Palembang, Selasa (25/6/2024) malam. (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id - Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel, Elen Setiadi mengaku bahwa jabatan ini adalah tugas perdananya sebagai Pj gubernur yang ditunjuk langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian.

Hal tersebut disampaikan Elen, pada acara Pisah Sambut Pj Gubernur Sumsel dan Pj Ketua TP PKK Provinsi Sumsel, di Griya Agung Palembang, Selasa (25/6/2024) malam. Kemudian, penyerahan Memori Jabatan Pj Gubernur Sumsel Periode Oktober 2023-Juni 2024 Agus Fatoni kepada Pj Gubernur Sumsel yang baru Elen Setiadi serah terima Jabatan Pj Ketua TP-PKK Sumsel (Periode Oktober 2023-Juni 2024) kepada Pj Ketua TP-PKK Sumsel, serta penyerahan memori jabatan dengan penandatanganan berita acara. 

"Penunjukan saja sebagai Pj oleh Mendagri ini menjadi yang pertama dan sangat mengharukan. Jika sebelumnya saya banyak beraktivitas di kantor dengan rapat-rapat di pusat, kini dengan menjadi Pj Gubernur, saya harus siap turun berhubungan langsung dengan masyarakat," ujar dia.

Atas dasar itu, Elen menyatakan, komitmen untuk melanjutkan apa yang telah dikerjakan dan dicapai Pj Gubernur Sumsel sebelumnya. 

"Apa yang sudah dicapai Pak Fatoni harus dilanjutkan. Semuanya tentu dengan penyempurnaan yang disesuaikan dengan situasi yang ada," kata dia.

Kemudian, ungkap Elen, bahwa secara makro, saat ini situasi dunia memang sedang tidak baik-baik saja. Kondisi perekonomian banyak mengalami dinamika global dan politik dan saat ini indikator makro ekonomi menunjukkan hal yang sama. 

"Seperti,misalnya nilai tukar rupiah yang ada di kisaran Rp16.200/USD. Tapi disisi lain kita merupakan salah satu negara dengan fundamental ekonomi yang kuat sekali. Itu kita tunjukkan nilai tukar rupiah dibanding lain koreksinya lebih rendah daripada India dan Brazil. Kota optimis secara makro kita kuat. Selanjutnya tinggal bagaimana kita mengimplementasikan kekuatan ekonomi itu di daerah," ungkap dia.

Lalu, jelas Elen, terkait stunting yang rendah, koneksi infrastruktur yang bagus ditopang adanya LRT dan sejumlah jalan tol yang terhubung penuh ke beberapa daerah, diyakini menjadi modal kuat bagi Sumsel untuk mengembangkan perekonomian lebih pesat lagi ke depan. 

"Modal ini didukung Sumber Daya Alam (SDA) yang ada seperti perkebunan, pertambangan dan lainnya menjadi modal kuat untuk pengembangan ekonomi lebih lanjut," jelas dia, seraya menambahkan, dengan dukungan Forkopimda, semua OPD di Sumsel dan kerja keras, dia optimistis bersama masyarakat Sumsel dapat memenuhi target capaian dari pusat dengan sangat baik. 

Sementara, Pj Gubernur Sumsel Periode Oktober 2023-Juni 2024, Agus Fatoni menuturkan, malam pisah sambut ini begitu syahdu, dan terasa begitu cepat harus meninggalkan Sumsel setelah menjabat hampir 9 bulan. 

"Semua begitu kompak, sehingga bisa melaksanakan kegiatan serentak begitu dahsyat sehingga program dapat berjalan baik. Terima kasih uga pada media yang ikut mendorong terciptanya iklim yang kondusif di Sumsel. Semoga Sumsel semakin maju, mandiri dan sejahtera," tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut