get app
inews
Aa Read Next : Terkait Isu PDIP Bakal Gabung di Kabinet Prabowo-Gibran, Partai Gerindra Beri Respons Positif

Nasrun Umar Resmi Jadi Kader Partai Gerindra Sumsel, Persiapan Menuju Pilkada Muara Enim

Sabtu, 20 April 2024 | 17:35 WIB
header img
Ketua DPD Gerindra Sumsel, Kartika Sandra Desi, saat menyerahkan kartu tanda anggota Partai Gerindra kepada Nasrun Umar di sekretariat DPD Partai Gerindra Sumsel, di Palembang, Sabtu (20/4/2024). (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id - Sempat menjadi kader Partai Amanat Nasional (PAN) Palembang, Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sumsel, Nasrun Umar, justru resmi bergabung di Partai Gerindra Sumsel.

Hal tersebut setelah Nasrun Umar mendaftarkan diri dan menerima kartu tanda anggota sebagai kader Gerindra di sekretariat DPD Partai Gerindra Provinsi Sumsel di Jalan Soekarno Hatta, Palembang, Sabtu (20/4/2024).

Kehadiran Nasrun Umar yang mengenakan kemeja putih lengan pendek tersebut, mendapat sambutan hangat dari Ketua DPD Gerindra Sumsel, Kartika Sandra Desi yang didamping jajaran kepengurusan partai.

Disela-sela agenda pendaftaran kader Gerindra tersebut, Nasrun Umar menyampaikan, bahwa sejak Maret lalu dia sudah mengajukan surat pengunduran diri sebagai kader PAN Palembang. Hal lainnya, sambung dia, dengan menjadi kader Gerindra, dia ingin mencalonkan diri sebagai Bupati Muara Enim.

"Saya sudah melakukan istikharah yang panjang, dan secara rasional melihat bahwa Gerindra merupakan partai yang mengalami perkembangan pesat, terutama dalam perolehan kursi di legislatif," ujar dia kepada awak media.

Nasrun Umar mengatakan, prestasi yang dicapai Partai Gerindra di Pemilihan Legislatif (Pileg) pada Pemilu 2024 kemarin, menjadi alasan utama. Partai Gerindra mampu banyak mendapat kursi pimpinan di parlemen. Makanya, siapa pun yang ingin mencalonkan diri pasti akan mempertimbangkan hal ini. 

"Ada keterikatan yang baik antara pucuk pimpinan dan basis pendukung, yang akan sangat membantu calon, terlepas dari siapa calon tersebut. Selain itu, kecocokan pribadi juga menjadi faktor penting, dan saya melihat bahwa Gerindra memiliki integritas sejak awal," kata dia.

Terlebih semangat dari Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Partai Gerindra, ungkap dia, hanya untuk kepentingan Indonesia. Hal ini sangat sesuai dengan nurani dan tanggung jawab yang diembannya. 

"Kami akan membuktikannya dan hasilnya akan terlihat," ungkap dia.

Pria yang juga sempat menjabat Pelaksana Harian (Plh) Bupati Muara Enim itu menjelaskan, karena tidak lagi mencalonkan diri sebagai calon Wali Kota Palembang, tentu dia siap mendukung siapapun calon yang akan diusung Partai Gerindra.

“Saya mengatakan, bahwa saya kader Gerindra hari ini. Jadi siapapun kader Gerindra  yang mencalonkan diri di kota Palembang  itu bagian dari tanggungjawab saya," jelas dia.

Sementara, Ketua DPD Gerindra Sumsel, Kartika Sandra Desi melanjutkan, hingga saat ini Nasrun Umar masih dianggap sebagai kader biasa dalam partai. Karena hingga saat ini belum ada perombakan pengurus di Gerindra.

"Namun sikap partai menghadapi Pilkada Muara Enim nanti menugaskan Pak Nasrun Umar maju sebagai bakal calon Bupati Muara Enim. Kami mengutamakan kader yang potensial. Pak Nasrun Umar kini sudah menjadi kader Partai Gerindra ditandai dengan penyerahan kartu anggota," tegas dia.

Politisi perempuan yang akrab disapa Cici itu menerangkan, dengan menjadi kader dan ditugaskan sebagai bakal calon Bupati Muara Enim, maka Nasrun Umar sudah bisa melakukan sosialisasi secara internal dan melakukan berbagai komunikasi politik terkait pencalonannya tersebut.

"Partai Gerindra memang berhasil mendapatkan kursi Ketua DPRD Muara Enim. Meski demikian, untuk mengusung bakal calon bupati, tetap harus berkoalisi dengan partai lain," terang dia.

Wakil Ketua DPRD Sumsel ini menyebut, Gerindra dengan Nasrun Umar ini bukan sesuatu yang kebetulan. Namun, didasari komitmen kuat dan keyakinan Nasrun Umar bisa memenangkan persaingan memperebutkan kursi Bupati Muara Enim. 

Apalagi, selain Nasrun Umar, hingga saat ini belum ada kader Partai Gerindra lain yang menyatakan siap maju di Pilkada Muara Enim. Jadi, saat ada aspirasi dan keyakinan dari Nasrun Umar, maka itu ibarat sesuatu yang memang diharapkan dan perlu didukung.

"Kami sudah saling mengenal sejak dua puluh tahun yang lalu. Jadi, sudah memiliki chemistry dan memahami masing-masing," tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut