get app
inews
Aa Read Next : Soal Putusan MK Terhadap PHPU Pilpres 2024, Presiden Jokowi: Ini yang Penting bagi Pemerintah

Jumlah Pemudik Lebaran 2024 Meningkat 65 Persen, Presiden Jokowi Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal

Kamis, 28 Maret 2024 | 13:05 WIB
header img
Presiden Jokowi saat berbicara pada acara pembukaan Kongres Hikmahbudhi XII Tahun 2024, di Mercure Convention Center, Jakarta, pada Kamis (28/03/2024). (iNewspalembang.id/tangkap layar)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Masyarakat diimbau untuk merencanakan mudik Lebaran tahun ini lebih awal. Karena, diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik dengan total sekitar 190 juta orang atau meningkat 56% dibandingkan tahun sebelumnya.

Imbauan itu diutarakan Presiden Joko Widodo (Jokowi)saat memberi keterangan pers kepada awak media, usai membuka Kongres Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Hikmahbudhi) XII Tahun 2024, di Mercure Convention Center, Jakarta, Kamis (28/03/2024).

Jokowi melanjutkan, bahwa mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali, kenaikannya 56 persen dibanding tahun yang lalu.

“Total yang akan mudik 190 juta pemudik tahun ini kurang lebih, ini dari survei. Makanya, saya mengimbau, mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal,” ujar dia.

Jokowi mengatakan, karena besarnya jumlah pemudik, jadi masyarakat diingatkan akan pentingnya kenyamanan dan keselamatan selama perjalanan mudik.

“Kalau tidak, keluarganya dulu yang diberangkatkan untuk mudik, agar mudik kita tahun ini semuanya berada pada posisi yang nyaman. Karena, sekali lagi, jumlahnya bukan jumlah yang sedikit. 190 juta itu bukan jumlah yang kecil, kenaikannya 56 persen gede banget,” kata dia.

Imbauan tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan bahwa tradisi mudik yang menjadi bagian penting dari budaya Indonesia dapat berlangsung dengan baik dan tanpa hambatan signifikan.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut