get app
inews
Aa Read Next : Kalah dari Arab Saudi, Shin Tae-yong Sebut Banyak PR Jelang Asiap Cup AFC U-23 Qatar 2024

Shin Tae-yong Ungkap Sederet Sisi Lemah Indonesia saat Ladeni Perlawan Jepang

Kamis, 25 Januari 2024 | 10:25 WIB
header img
Shin Tae-yong menyebut sejumlah kelebihan Jepang hingga membuat Indonesia kalah 1-3 saat bermain di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu (24/1/2024). (iNewspalembang.id/ist)

DOHA, iNewspalembang.id – Tim Nasional (Timnas) Indonesia menyudahi fase penyisihan di Grup D Piala Asia 2023 Qatar ditutup dengan kekalahan 1-3 dari Jepang, di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu (24/1/2024).

Dengan kekalahan tersebut, Skuad Garuda tetap bertahan di peringkat tiga dengan raihan tiga poin, hasil dari kemenangan atas Vietnam. Nah, peluang Indonesia melaju ke babak 16 besar masih tergantung dari hasil laga terakhir Bahrain versus Yordania dan Oman kontra Tirjikistan.

Menanggapi kekalahan anak asuhnya, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyatakan, pertandingan tersebut bisa terlihat bagaimana kualitas pemain Jepang saat melakukan pressing.

"Lini serang Jepang punya banyak pemain bagus, tapi ini bukan soal lini serang saja, mereka bisa melakukan high pressing dengan sangat baik. Meski kami melakukan penjagaan yang ketat, kami selalu kehilangan bola lagi karena pressing Jepang sangat kuat," ujar dia.

Shin Tae-yong mengungkapkan, satu faktor di balik kemenangan Jepang dari timnas Indonesia yakni kemampuan Takefusa Kubo dan kawan-kawan melakukan serangan balik yang efektif.

"Itu membuat kami tidak bisa build up dengan baik, kami kesulitan membuat koneksi dari satu pemain ke pemain lain," ungkap dia.

Dari semua pengakuan akan kekuatan tim berjuluk Samurai Biru itu, Shin Tae-yong tetap bangga dengan segala kemampuan yang ditampilkan anak asuhnya.  

"Kami punya banyak pemain muda, biarlah ini menjadi pengalaman bagi mereka, terutama ketika kami mendapatkan penguasaan bola, kami kesulitan mengembangkan permainan, itu yang perlu kami perbaiki dan kembangkan," jelas pelatih asal Korea Selatan (Korsel) itu.

"Saya ingin menyampaikan, tim saya adalah tim yang termuda dengan mendapatkan pengalaman bermain melawan tim terbaik di Asia akan membantu kami terus berkembang," tandas dia.

Dari data statistic laga Jepang versus Indonesia, Jepang unggul 72 persen dalam penguasaan bola dibanding Indonesia yang hanya 28 persen. Total tendangan Jepang pun mencapai 12 percobaan berbanding tiga milik Indonesia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut