get app
inews
Aa Read Next : Ingin Jadikan Kopi Sumsel Komoditi Andalan, Pj Gubernur Agus Fatoni segera Terbitkan Perda

Lantik Pj Bupati Lahat, Pj Gubernur Agus Fatoni: Tugas Pemerintahan Sangat Banyak

Sabtu, 09 Desember 2023 | 14:05 WIB
header img
Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni, saat melakukan pengambilan sumpah jabatan Pj Bupati Lahat Muhammad Farid di Rumah Dinas Gubernur Sumsel Griya Agung Palembang, Sabtu (9/12/2023). (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Penjabat (Pj) Bupati Lahat, Muhammad Farid, sudah dihadapkan pada banyak tugas, terlebih melanjutkan pembangunan dan memastikan pemerintahan bisa berjalan dengan baik.

Hal tersebut diutarakan Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni, usai melantik dan pengambilan sumpah jabatan Pj Bupati Lahat Muhammad Farid di Rumah Dinas Gubernur Sumsel Griya Agung Palembang, Sabtu (9/12/2023). 

Pelantikan Muhammad Farid sebagai Pj Bupati Lahat merupakan merupakan tindak lanjut dari Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Nomor 100.2.1.3 - 6242 Tahun 2023 tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Lahat Provinsi Sumsel.

"Tugas-tugas pemerintahan sangat banyak dan diperlukan kemampuan yang mumpuni serta pemahaman yang cepat. Begitu dilantik langsung bekerja, ini perlu pemahaman cepat agar tugas dapat berjalan lancar," ujar Fatoni. 

Fatoni juga memberi atensi khusus kepada Muhammad Farid, seperti bahwa Sumsel baru saja berhasil menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla), dan itu tak lepas dari kerjasama semua pihak baik TNI Polri pemerintah dan seluruh jajaran. 

“Saya berpesan (Pj Bupati Lahat) agar dapat berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk bisa membangun Lahat dan mensejahterakan masyarakat,” kata dia.

“Akhir tahun ini, Sumsel dimungkinkan dihadapkan pada situasi yang baru yaitu adanya kemungkinan banjir dan juga longsor yang juga perlu diantisipasi,” imbuh dia. 

Atensi lain untuk Pj Bupati Lahat ini, ungkap Fatoni, untuk segera menuntaskan sejumlah program prioritas, diantaranya mengatasi inflasi, menurunkan angka stunting dan kemiskinan ekstrem dan yang tidak kalah pentingnya mensukseskan jalannya Pemilu dan Pemilukada 2024. 

“Bupati Lahat harus serius menangani inflasi ini dan juga melakukan langkah-langkah yang konkret yang terukur dan juga berkesinambungan," ungkap dia. 

Kemudian, Pj Bupati Lahat juga diminta menyoroti masalah kemiskinan ekstrem, yang masih menjadi tugas untuk ditangani secara bersama-sama. 

“Potensi Lahat sangat besar, banyak pengusaha di Lahat yang dapat diajak bekerja bersama untuk bisa membangun Lahat dan juga menuntaskan kemiskinan,” jelas dia. 

Terkait stunting, Fatoni mengingatkan, Pj Bupati Lahat perlu mencermati dan dicek betul siapa saja yang punya keluarga yang punya potensi stunting di Lahat kemudian agar data secara valid. 

"Kalau kita punya data yang valid by name by address, ini bisa kita jadikan anak asuh baik oleh pemerintah dan pejabat serta para pengusaha-pengusaha sehingga penanganan stunting bisa cepat kita selesaikan," tandas dia.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut