get app
inews
Aa Read Next : Penjaga Sekolah Pangku Siswi SD Sambil Tonton Film Kartun Lalu Dicabuli

Cegah Banjir, Kodim 0406 Lubuklinggau Karbak Bersihkan Aliran Sungai Kelingi dan Selokan

Sabtu, 09 Desember 2023 | 08:56 WIB
header img
Kodim 0406 Lubuklinggau menggelar karbak bersihkan aliran Sungai Kelingi dan selokan. Foto: Era Niezma Wedya

LUBUKLINGGAU, iNewsPalembang.id - Guna mengantisipasi banjir serta menjaga kesehatan lingkungan dan HUT ke-78 Kodam II/Sriwijaya, Kodim 0406 Lubuklinggau melaksanakan kegiatan Karya Bakti (Karbak) TNI dengan membersihkan sampah yang menumpuk di pinggiran aliran Sungai Kelingi dan selokan di Kelurahan Lubuklinggau Ilir, Kecamatan Lubuklinggau Barat II, Kota Lubuklinggau, Sabtu (9/12/2023).

Dandim 0406 Letkol Inf Kunto Adi Setiawan mengatakan, pembersihan sampah di area pinggir sungai dan Sungai Kelingi, dilakukan sebagai upaya mencegah terjadinya bencana banjir di wilayah sekitar, khususnya Kota Lubuklinggau. Selain itu, apabila sungai dan sekitarnya bersih maka terciptalah lingkungan yang sehat.

“Kita sekarang memasuki musim penghujan, oleh karena itu, dengan membersihkan sampah di sekitar aliran sungai, dapat mencegah banjir akibat tersumbatnya aliran air ke sungai,” katanya.

Kunto menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan implementasi perintah dari atasan untuk membantu masyarakat dalam mengantisipasi bencana banjir karena sudah memasuki musim penghujan, dengan melibatkan stekholder yang ada di Kota Lubuklinggau.

“Kita juga menghimbau kepada masyarakat sekitar aliran sungai agar menjaga kebersihan air sungai dengan tidak membuang sampah lagi ke sungai, biar sungai bersih dan terhindar dari segala penyakit akibat sampah,” katanya.

Sementara itu Pj Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa mengatakan, menyambut baik apa yang telah dilaksanakan oleh pihak TNI dengan membersihkan sampah di sekitaran aliran sungai kelingi dan selokan. Terlebih lagi saat ini sudah memasuki musim hujan.

“Kami berterima kasih kepada TNI khususnya Kodim 0406 Lubuklinggau, beserta seluruh komponen yang telah peduli terhadap kebersihan lingkungan, terutama di aliran sungai kelingi” pungkasnya.  

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut