get app
inews
Aa Read Next : Bicara Rantai Pasok Global Battery Electric Vehicle, Luhut Klaim Indonesia Siap Jadi Pemain Kunci

Progres Baru 55 Persen, Jokowi Klaim Tol Balikpapan – IKN Baru Bisa Dipakai Juni 2024

Rabu, 01 November 2023 | 11:05 WIB
header img
Presiden Jokowi bersama rombongan saat meninjau proyek jalan Tol Balikpapan-IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Rabu (1/11/2023). (Foto: BPMI Setpres)

PENAJAM PASER UTARA, iNewspalembang.id – Progres pengerjaan pembangunan jalan tol yang akan menghubungkan Balikpapan ke kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) telah mencapai hampir 55 persen.

Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi). jalan tol itu diharapkan bisa dipakai pada pertengahan tahun 2024 mendatang.

“Diharapkan nanti di bulan Juni 2024 sudah bisa dipakai,” ujar dia, saat meninjau area proyek pembangunan Jalan Tol IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023).

Jokowi mengatakan, pembangunan jalan tol itu memangkas waktu tempuh dari Balikpapan menuju IKN menjadi lebih singkat. Bila biasanya dari Balikpapan ke IKN mencapai 2 jam 15 menit, dengan adanya jaln tol itu waktu tempuhnya menjadi sekitar 50 menit saja.

“Itu hanya memakan waktu kira-kira 50 menit, jaraknya 57 km sehingga ini akan mempercepat mobilitas orang dan barang nantinya ke Nusantara,” kata dia.

Jokowi mengungkapkan, selain infrastruktur jalan, pemerintah juga menyiapkan fasilitas dan sarana pendukungnya seperti tempat istirahat. Kemudian, menyiapkan ribuan pohon untuk ditanami di sepanjang jalan tol tersebut.

“Kanan kirinya ini memang kita buat sehijau mungkin, sehingga mulai ditanami pohon-pohon endemik Kalimantan yang kita harapkan nanti kanan-kiri jalan tol ini semuanya green, hijau semuanya, dan kita sudah siapkan 60 ribu pohon untuk jalan tol ini saja,” tandas dia.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut