get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Gubernur Sumsel 2024, Dukungan untuk Herman Deru Muncul dari Forum Amal Sumsel

Investasi IPAL Sungai Selayur, Herman Deru Sebut Pemprov dan Pemkot Punya Tanggung Jawab Besar

Kamis, 10 Agustus 2023 | 13:05 WIB
header img
Gubernur Sumsel Herman Deru bersama Menteri PUPR M Basuki Hadi Moeljono dan dubes Australia untuk Indonesia HE Penny Williams PSM, saat meninjau lokasi IPAL di Sungai Selayur, Palembang, Kamis (10/8/2023). (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) M Basuki Hadi Moeljono dan Duta Besar (dubes) Australia untuk Indonesia HE Penny Williams PSM, meninjau lokasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Sungai Selayur, Palembang, Kamis (10/8/2023).

Menurut Basuki, proyek instalasi pengolahan air limbah ini akan mengolah limbah-limbah dari wc, rumah tangga, perkantoran, komersil seperti restoran dan lainnya melalui sistem pipa.

“IPAL Sei Selayur ini hanya satu dari sanitasi modern di Indonesia selain di Makasar DKI Jakarta dan Pekan Baru dan sebentar lagi Jambi,” ujar dia.

Basuki mengungkapkan, pembangunan IPAL di Palembang ini sendiri pihaknya berkolaborasi dengan pemerintah Australia melalui Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur.

“Investasi yang ditanamkan untuk IPAL ini mencapai lebih dari Rp1,2 triliun. Australia memberi hibah sebesar Rp600 miliar dan APBN dari Kementerian PUPR sendiri menganggarkan Rp640 miliar untuk pipa distribusi,” ungkap dia.

Sementara, Gubernur Sumsel Herman Deru menjelaskan, kunjungan bersama tentu ingin mendengarkan penjelasan dari Dinas PUPR Kota Palembang, Balai PPW Sumsel, COMU Palembang City Sanitation Project (PCSP) dan dilanjutkan dengan pengambilan sampel air limbah, photo ops.

“Kerjasama ini bukan soal konstruksi saja, namun berkaitan erat dengan hubungan baik kedua negara. Bagi Pemprov Sumsel ini tentu menjadi beban yang positif, agar pemprov dan Pemkot Palembang dapat berbuat yang lebih baik kedepannya,” jelas dia.

Herman Deru melanjutkan, keberadaan IPAL ini akan mengedukasi masyarakat secara terus menerus untuk hidup sehat, bersih dan bebas stunting.

"Investasi ini begitu besar, pemprov dan pemkot punya tanggungjawab soal sambungannya. Makanya rekan media diharap ikut berperan mengajak masyarakat untuk lebih sadar akan pentingnya sanitasi dan kesehatan," tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut